Berita Slawi

Video Bupati Tegal Umi Azizah Menangis Terima Hadiah 5 Tosan Aji

Hibah lima tosan aji tersebut terdiri dari tiga tombak lurus, satu keris lurus, dan satu keris Luk 13 sehingga total ada lima benda.

Penulis: Desta Leila Kartika | Editor: restu dwi r

TRIBUN-PANTURA.COM, SLAWI - Berikut video Bupati Tegal Umi Azizah Menangis Terima Hadiah 5 Tosan Aji.

Pada perayaan hari jadi ke-421 Kabupaten Tegal tahun ini, Bupati Umi Azizah mendapat kejutan tidak terduga yaitu hibah berupa lima Tosan Aji. Adapun penyerahan berlangsung di halaman Pendopo Amangkurat, Rabu (18/5/2022) sore.

Hibah lima tosan aji tersebut terdiri dari tiga tombak lurus, satu keris lurus, dan satu keris Luk 13 sehingga total ada lima benda.

Bagi yang belum mengetahui, Tosan Aji adalah istilah bahasa jawa untuk segala senjata tradisional yang terbuat dari besi atau yang dianggap sebagai pusaka.

Adapun hibah benda pusaka tersebut, diinisiasi oleh Dewan Kebudayaan Daerah Kabupaten Tegal (DKDKT) bersama teman-teman budayawan, seniman, ataupun yang tergabung dalam Paguyuban Tosan Aji Nusantara Ganesha (Patra Ganesha), Masyarakat pecinta Tosan Aji Kabupaten Tegal, Kardi, dan Paguyuban Tosan Aji Sabuk Inten.

Sebelum menyerahkan hibah kepada Bupati Tegal Umi Azizah, rombongan mengarak lima Tosan Aji berangkat dari kantor DKDKT, lanjut jalan kaki menuju Alun-alun Hanggawana, dan masuk ke area Pemda Tegal.

Tidak hanya sekedar arak-arakan, tapi juga diselingi atraksi jaran lumping, dan menaburkan bunga yang dicampur uang koin.

Tentu hal ini menjadi daya tarik sendiri terutama bagi anak-anak karena berebut uang koin yang disebarkan.

Bupati Tegal, Umi Azizah, dengan senang hati menerima hibah Tosan Aji yang diserahkan langsung oleh Ketua Dewan Kebudayaan Daerah Kabupaten Tegal (DKDKT), Agus Wardana atau AW.

Dalam sambutannya, Umi mengucapkan rasa terima kasih dan apresiasi setinggi-tingginya kepada Dewan Kebudayaan Daerah Kabupaten Tegal yang telah menginisiasi, dan menyukseskan jalannya kirab kebudayaan yang sangat berkesan dan mampu mewarnai rangkaian peringatan Hari Jadi Kabupaten Tegal tahun ini.

Halaman
1234
Sumber: Tribun Pantura
  • Ikuti kami di
    AA
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved