Berita Slawi

Video Tanggapi Kebijakan Pelonggaran Pemakaian Masker Bupati Tegal Tetap Patuhi Prokes

Presiden Jokowi berikan kebijakan terbaru mengenai pelonggaran penggunaan masker.

Penulis: Desta Leila Kartika | Editor: restu dwi r

TRIBUN-PANTURA.COM, SLAWI - Berikut video Tanggapi Kebijakan Pelonggaran Pemakaian Masker Bupati Tegal Tetap Patuhi Prokes.

Presiden Joko Widodo atau Jokowi, memberikan kebijakan terbaru mengenai pelonggaran penggunaan masker di Indonesia.

Informasi tersebut disampaikan secara langsung melalui akun resmi Sekretariat Presiden di Istana Bogor, Selasa (17/5/2022) kemarin.

Mengutip dari Kompas.TV, Jokowi menyampaikan bahwa masyarakat diperbolehkan tidak memakai masker ketika beraktivitas di luar ruangan dengan tetap menghindari kerumunan.

Menanggapi hal tersebut, Bupati Tegal, Umi Azizah, mengatakan bahwa Kabupaten Tegal sampai saat ini masih berada dipemberlakuan pembatasan kegiatan masyarakat (PPKM) Level 2.

Sehingga, Umi mengimbau masyarakat agar tetap mematuhi dan menerapkan protokol kesehatan (prokes) secara ketat. 

"Ya intinya kami tetap akan mengingatkan masyarakat untuk mematuhi prokes. Dan saya pikir masyarakat khususnya warga Kabupaten Tegal sudah nyaman, terbiasa mengenakan masker, terlebih saat berkendara menggunakan sepeda motor, masker bisa melindungi supaya debu tidak masuk ke hidung atau mulut," jelas Umi, pada Tribunjateng.com, Rabu (18/5/2022).

Umi menambahkan, pihaknya mengikuti aturan pemerintah, tapi terkait pelonggaran penggunaan masker terutama saat beraktivitas di luar ruangan, pihaknya akan tetap memberikan imbauan dan selalu mengingatkan.

Sementara itu, terpisah, Ketua Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Kabupaten Tegal, Moh Faiq, mengungkapkan pihaknya mengikuti arahan dari pemerintah pusat terkait pelonggaran penggunaan masker.

Faiq menyebut, jika memang Presiden Jokowi menginstruksikan untuk sedikit melonggarkan aturan prokes, maka DPRD siap mengikuti apa yang memang menjadi arahan.

"Kami mengikuti arahan pemerintah pusat, jika memang ada instruksi demikian ya kami yang di daerah siap mengikuti dan melaksanakan," ungkap Faiq.

Dihubungi melalui sambungan telepon, Kepala Dinas Kesehatan Kabupaten Tegal, Ruszaeni, belum bisa memberikan tanggapan secara spesifik mengenai kelonggaran aturan penggunaan masker di luar ruangan oleh Presiden Jokowi.

Hal tersebut, dikatakan Ruszaeni karena pihaknya belum menerima surat edaran resmi dari Kementerian Kesehatan RI sehingga sampai saat ini masih menunggu.

Mengingat dalam surat edaran tersebut, nantinya akan dijelaskan mengenai aturan kapan boleh melepas atau mengenakan masker, dan lain sebagainya.

"Mohon maaf sebelumnya saya belum bisa berkomentar banyak, karena masih menunggu surat edaran resmi yang mengatur terkait kebijakan tersebut. Tapi ya kalau imbauan dari saya masyarakat tetap disarankan memakai masker, walaupun itu di luar dan di dalam gedung atau ruangan," imbuh Ruszaeni. (dta)

Sumber: Tribun Pantura
  • Ikuti kami di
    AA
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved