Berita Batang

Sempat Tutup 14 Hari, Tiga Pasar Hewan di Batang Resmi Kembali Buka

Setelah ditutup selama 14 hari mukai dari 21 Mei hingga 3 Juni 2022, tiga pasar hewan di Kabupaten Batang resmi dibuka kembali.

Penulis: dina indriani | Editor: m zaenal arifin
Dokumentasi
Pasar hewan di Kabupaten Batang. 

TRIBUNPANTURA.COM, BATANG - Setelah ditutup selama 14 hari mukai dari 21 Mei hingga 3 Juni 2022, tiga pasar hewan di Kabupaten Batang resmi dibuka kembali oleh Disperindagkop dan UKM Kabupaten Batang.

“Hari ini kita membuka kembali tiga pasar hewan di Kabupaten Batang untuk beroperasi,” tutur Kepala Disperindagkop dan UKM Kabupaten Batang dalam rilis, Sabtu (4/6/2022).

Beroperasinya kembali pasar hewan, Disperindag dan UKM Batang sudah mendapat persetujuan dari Dislutkanak Batang

“Kami juga menyiapkan tim kesehatan hewan setiap pasar, sehingga jika ada hewan yang akan masuk ke pasar hewan keliatan sakit atau tidak sehat langsung kita suruh pulang mencegah dugaan kasus Penyakit Mulut dan Kuku (PMK) pada sapi," ujarnya.

Sebelumnya, lanjut dia, Disperindagkop dan UKM Batang sendiri mengambil langkah penutupan tiga pasar hewan ini setelah adanya peningkatan kasus PMK di Kabupaten Batang.

“Bahwa PMK di Batang terjadi lantaran adanya penularan dari sapi yang berasal dari luar daerah,” ungkapnya.

Sementara itu, Pendagang Hewan Narto mengatakan, Bahwa hari ini pertama kali berjualan kembali setelah 14 hari pasar ditutup karena kasus PMK.

Dampak dari adanya PMK masuk ke Kabupaten Batang harga kambingnya merosot turun. Hari ini saya menjual satu ekor kambing umur 1 tahun dengan harga Rp 1,8 juta biasanya bisa dijual dengan harga Rp 2,2 juta.

“Meskipun begitu saya tetap bersyukur mata pencaharian saya sebagai pedagang hewan kembali dibuka, kemarin-kemarin waktu ditutup saya kesulitan mencari pemasukan untuk kebutuhan sehari-hari,” pungkasnya. (*)

Sumber: Tribun Pantura
  • Ikuti kami di

    AA
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2023 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved