Berita Kajen

Video Perkumpulan UMKM Pantura Pekalongan Gelar Silaturahmi

Pandemi Covid 19 mulai reda, para pelaku UMKM di Kabupaten Pekalongan harus bangkit.

Penulis: Indra Dwi Purnomo | Editor: restu dwi r

TRIBUN-PANTURA.COM, KAJEN - Berikut video Perkumpulan UMKM Pantura Pekalongan Gelar Silaturahmi

Pandemi Covid 19 mulai reda, para pelaku Usaha Mikro, Kecil, dan Menengah (UMKM) di Kabupaten Pekalongan harus bangkit.

Hal tersebut diungkapkan, Ketua Dewan Kerajinan Nasional Daerah (Dekranasda) Kabupaten Pekalongan, M Ashraff di sela sela acara bertajuk 'Our Mubarak Collaboration 2022' yang diselenggarakan perkumpulan UMKM di wilayah Pantura Pekalongan di MM Kafe Kecamatan Karanganyar, Kabupaten Pekalongan.

"Mereka jangan sampai kelamaan 'tertidur', lantaran hasil produksinya terimbas akibat pandemi yang berlangsung hampir tiga tahun lamanya. Hampir, di semua sektor pada saat pandemi Covid 19 sangat berpengaruh dengan hasil penjualan produksi."

"Saat inilah kesempatan untuk bisa bangkit lagi dengan meningkatkan hasil produksi. Kalau kita diam saja maka bahaya karena Live Must Go On,'' ungkap Ketua Dewan Kerajinan Nasional Daerah (Dekranasda) Kabupaten Pekalongan, M Ashraff, Selasa (14/6/2022).

Oleh karena itu, guna bisa kembali bangkit Dekranasda Kabupaten Pekalongan mendukung penuh supaya keberadaan UMKM di Kota Santri semakin naik kelas. Dalam hal ini, produk lokal harus mampu berdaya saing hingga go internasional.

Untuk itu, program Dekranasda salah satunya acara seperti ini diadakan setiap tahun, bahkan lebih rutin. Pada saat pandemi, pihaknya belum bisa berbuat banyak lantaran sedikit keterbatasan, yakni anggaran untuk Covid 19.

"Rencananya, Dekranasda bakal menggelar bursa pelatihan UMKM Center dan saat ini sedang disiapkan. Mudah mudahan, mulai tahun depan mulai ada dana yang dialokasikan untuk membantu pelaku UMKM."

"Kami sedang kerjasama dengan shopee untuk melatih para pelaku UMKM go digital dari segi marketing, packaging dan itu semua peserta difasilitasi," imbuhnya.

Sementara itu, Siti Masruroh Kepala Dinas Koperasi, UKM, dan Tenaga Kerja Kabupaten Pekalongan mengatakan, UMKM yang terdaftar di Kabupaten Pekalongan ada 58 ribu UMKM.

Saat ini pihaknya masih melakukan pendataan ulang UMKM. Hal ini dalam rangka upaya, pengembangan dan peningkatan UMKM agar naik kelas.

"Pada bulan ini kita akan melaunching UMKM center dan pusat layanan usaha terpadu."

"Lalu akhir bulan ini, kita akan mengadakan pelatihan halal dengan bekerja sama halal center untuk mendapatkan sertifikat halal bagi pelaku UKM kuliner," katanya.

Tidak hanya itu, pihaknya akan mengadakan pelatihan digital marketing dengan bekerjasama balai latihan kerja (BLK).

"Rencananya di Kabupaten Pekalongan ada shoppe center yang berlokasi di kantor UMKM Wonopringgo. Tujuannya agar UMKM di Kabupaten Pekalongan naik kelas," imbuhnya. (Dro)

Sumber: Tribun Pantura
  • Ikuti kami di
    AA
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved