Berita Kudus

Pura Group Distribusikan 3,2 Juta Buku Gerakan Literasi Nasional Untuk Lima Provinsi

PT. Pura Barutama melakukan pendistribusian perdana sebanyak 3.200.774 buku sebagai Gerakan Literasi Nasional (GLN), Selasa (12/7/2022).

Penulis: raka f pujangga | Editor: m zaenal arifin
Dokumentasi
Kepala Pusat Pembinaan Bahasa dan Sastra Kemendikbudristek, Dr. M. Abdul Khak bersama Direktur Utama PT Pura Group Johanes Slamet Harjanto ‎mendistribusikan 3,2 juta buku sebagai Gerakan Literasi Nasional (GLN), Selasa (12/7/2022). 

TRIBUNJATENG.COM, KUDUS - PT. Pura Barutama melakukan pendistribusian perdana sebanyak 3.200.774 buku sebagai Gerakan Literasi Nasional (GLN), Selasa (12/7/2022).

Pengiriman tahap pertama ini dilaksanakan sebanyak 2,9 juta buku atau 89 persen dari target utama‎.

GLN merupakan buku bacaan untuk para peserta didik di lima provinsi yang berada di pulau wilayah 3T (Tertinggal, Terdepan dan Terluar).

Program tersebut, didukung langsung Badan Pengembangan dan Pembinaan Bahasa Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset dan Teknologi (Kemendikbudristek) sebagai wujud kepedulian pada perkembangan dunia literasi.

Direktur Utama PT Pura Group Johanes Slamet Harjanto ‎menjelaskan, pihaknya dipercaya untuk mencetak dan mendistribusikan buku dalam program Gerakan Literasi Nasional (GLN) untuk peserta didik tingkat SD dan TK/PAUD melalui lelang pengadaan terbuka di Layanan Pengadaan Secara Elektronik (LPSE).  

Dari lelang tersebut, PT. Pura Barutama mendapat paket pembuatan buku sebanyak 3.200.774 eksemplar untuk siswa sekolah dasar (SD) sebanyak 3.176.454 eksemplar dan siswa TK/PAUD sebanyak 24.320 eksemplar.

"Terima kasih kepada Kemendikbudristek yang telah mempercayakan pengerjaan buku program GLN kepada kami. Hal ini merupakan salah satu bentuk peran serta perusahaan dalam rangka turut mencerdaskan kehidupan bangsa," kata dia didampingi GM HR-GA Pura Group Agung Subani pada acara seremonial pendistribusian buku program Gerakan Literasi Nasional.

Dalam pendistribusian buku dengan tonase sebanyak 465.187 kilogram tersebut, PT.Pura Barutama menggandeng PT. Pos Indonesia karena dinilai memiliki rantai distribusi hingga ke pelosok tanah air.

Sedangkan pendistribusiannya menyasar 3.109 sekolah, meliputi 1.893 SD dan 1.216 TK/PAUD yang ada di 14 kabupaten yang tersebar di lima provinsi.  

Kelima provinsi yang akan menerima paket buku program GLN tersebut, meliputi provinsi Sulawesi Utara, Sulawesi Tengah, Kalimantan Barat, Kalimantan Utara dan Kalimantan Timur.

Alokasi buku yang akan diterima masing-masing provinsi, di antaranya untuk provinsi Sulawesi Utara mendapatkan sebanyak 280.450 eksemplar, Kalimantan Barat sebanyak 1.683.900 eksemplar, Kalimantan Utara sebanyak 211.210 eksemplar, Sulawesi Tengah 846.424 eksemplar, dan Kalimantan Timur sebanyak 178.790 eksemplar. 

Kepala Pusat Pembinaan Bahasa dan Sastra Kemendikbudristek, Dr. M. Abdul Khak menyampaikan, ada tiga prinsip utama buku bermutu bagi anak yaitu buku yang anak-anak benar ingin baca, bukan yang orang dewasa pikir orang dewasa ingin baca.

Kedua, buku yang bervariasi tema dan ceritanya dan ketiga buku yang sesuai jenjang pembacanya.

Hal tersebut merujuk pada kesimpulan hasil Diskusi kelompok Terpumpun (DKT) yang diselenggarakan oleh Kemendikbudristek pada bulan September 2021.

"Ketersedian buku-buku yang sesuai dengan usia akan membantu meningkatkan minat baca anak-anak sehingga diharapkan buku-buku ini dapat di manfaatkan dengan baik oleh anak-anak didik kita dan tercipta generasi yang unggul, cerdas, berkarakter," ujar dia.

Untuk mewujudkan misi mencerdaskan kehidupan bangsa bagi seluruh rakyat Indonesia. Badan Bahasa berkomitmen untuk memfasilitasi dengan ketersediaan sarana dan prasarana.

"Diharapkan buku-buku yang telah di cetak ini dapat sampai di tempat tujuan dengan tepat waktu, tepat sasaran dan aman," imbuh dia. (*)

Sumber: Tribun Pantura
  • Ikuti kami di

    AA
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved