Berita Batang

Pasar Siap QRIS Diluncurkan, Ribuan Pedagang di Batang Terapkan Pembayaran Non Tunai

7.412 pedagang pasar tradisional di Kabupaten Batang telah menerapkan pembayaran digital dengan sistem Quick Response Code Indonesia Standard (QRIS).

Penulis: dina indriani | Editor: m zaenal arifin
TRIBUN PANTURA/DINA INDRIANI
Pedagang Pasar di Batang menunjukkan barcode pembayaran QRIS, kemarin. 

TRIBUNPANTURA.COM, BATANG - Sebanyak 7.412 pedagang pasar tradisional di Kabupaten Batang telah menerapkan pembayaran digital dengan sistem Quick Response Code Indonesia Standard (QRIS).

Jumlah itu, tersebar di lima pasar daerah seperti Subah, Limpung, Tersono, Bandar dan Batang. Lalu, satu pasar Desa Blado dan satu pasar malam kuliner. 

Hal itu disampikan Pj Bupati BatangLani Dwi Rejeki saat meluncurkan Pasar Siap QRIS di Pasar Subah, Rabu, (20/7/2022).

"7.412 pedagang yang sudah menggunakan QRIS itu, pasar se Kabupaten Batang, dua pasar desa, pedaganag kuliner malam dan di kios- kios," tuturnya.

Lebih lanjut, pembayaran elektronik atau non tunai melalui QRIS sangatlah mudah hanya saja butuh pemahaman dan edukasi masyarakat melalui sosialisasi berkelanjutan. 

"Disperindagkop Batang sudah secara intens melakukan sosialisasi QRIS, karena kita targetnya semua pedagang beralih ke transaksi pembayaran non tunai," ungkapnya. 

Ia pun berharap mendapat dukungan dari kantor Bank Indonesia Tegal dan Bank BRI agar target di Kabupaten Batang tercapai. 

"Semua bidang usaha kita upayakan dalam transaksi pembayaran melalui QRIS ini. Ini tentunya butuh support Bank Indonesia dan perbankkan seperti BRI yang saat ini memfasilitasi peluncuran QRIS di pasar Subah," ungkapnya. 

Kepala Kantor Perwakilan (KPw) Bank Indonesia (BI) Tegal Muhamad Taufik Amrozy mengatakan sistem transaksi pembayaran QRIS yang dikebangkan Bank Indonesia itu tahun 2020.

Sehingga kesiapan perangkat sumber daya manusianya setiap tahunya semakin rapi. 

Halaman
12
Sumber: Tribun Pantura
  • Ikuti kami di
    AA
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved