Berita Batang

Buruh Pabrik Rokok di Batang Dapat Pelatihan Peningkatan Kualitas Produk

Sebanyak tiga puluh buruh pabrik rokok di Batang mendapatkan pelatihan dari Disperindagkop dan UKM di Hotel Dewi Ratih, Kamis (21/7/2022).

Penulis: dina indriani | Editor: m zaenal arifin
TribunPantura.com/Dina Indriani
Pj Bupati Batang, Lani Dwi Rejeki saat menyematkan tanda peserta pelatihan GMP dari DBHCHT Kabupaten Batang di Hotel Dewi Ratih, Kamis (21/7/2022). 

TRIBUNPANTURA.COM, BATANG - Sebanyak tiga puluh buruh pabrik rokok di Batang mendapatkan pelatihan dari Disperindagkop dan UKM di Hotel Dewi Ratih, Kamis (21/7/2022).

Pelatihan ini sebagai bentuk pemanfaatan anggaran Dana Bagi Hasil Cukai Hasil Tembakau (DBHCHT). 

PJ Bupati Batang, Lani Dwi Rejeki mengatakan buruh pabrik rokok menjadi salah satu sasaran penerima manfaat DBHCHT

Selain bantuan BLT, anggaran ini turut diwujudkan dalam bentuk fasilitas pelatihan. 

"Tujuan pelatihan ini adalah untuk menambah skill dari para karyawan, di samping bisa berguna di perusahaannya sekarang, nantinya bisa diterapkan untuk mengembangkan wirausaha," tuturnya. 

Pemateri Pelatihan GMP, Suprapto menjelaskan pihaknya membekali peserta terkait peningkatan kualitas produk. 

"Nantinya ilmu ini bisa diterapkan saat peserta bekerja di perusahaan, ataupun ketika berwirausaha," ujarnya.

Lebih lanjut, peserta diberikan materi mulai dari memilah bahan yang berkualitas, penerapan sanitasi dalam proses produksi, pengemasan dan hingga produk siap dipasarkan. 

"Jadi mereka kami tekankan agar bisa menjaga higienitas dalam produksi, mulai dari memilah bahan hingga barang siap dijual."

"Ini bisa diterapkan di pabrik mereka, agar kualitas produknya lebih baik, dan kami juga berikan tambahan materi wirausaha, sehingga ilmunya bisa dipakai pula ketika mereka ingin mengembangkan usaha," jelasnya.

Kepala Disperindagkop dan UKM Batang, Subiyanto menambahkan, pelatihan ini diberikan dalam bentuk teori dan praktik, di akhir pelatihan peserta akan langsung praktik di Semarang. 

"Di akhir pelatihan, peserta akan menjalani praktik di Semarang swhingga harapannya ilmu yang diberikan ini bisa benar terserap dan bisa langsung diaplikasikan," pungkasnya. (*)

Sumber: Tribun Pantura
  • Ikuti kami di
    AA
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved