Berita Slawi

Dianggap Membahayakan, Satlantas Polres Tegal Gencar Lakukan Razia Odong-odong

Satuan Lalu Lintas (Satlantas) Polres Tegal, gencar melakukan operasi (razia) yang sasaran utamanya pengendara kereta wisata atau odong-odong.

Dokumentasi
Tim gabungan Satlantas Polres Tegal, bersama Dinas Perhubungan (Dishub), dan Satpol PP Kabupaten Tegal, sedang melaksanakan razia menyasar pengendara kereta wisata atau odong-odong yang melintas di jalan raya utama masuk wilayah Kecamatan Talang, Rabu (27/7/2022). 

TRIBUNPANTURA.COM, SLAWI - Satuan Lalu Lintas (Satlantas) Polres Tegal, gencar melakukan operasi (razia) yang sasaran utamanya pengendara kereta wisata atau biasa dikenal dengan nama odong-odong.

Tidak berlangsung dalam waktu dekat ini saja, razia yang menjaring pengendara odong-odong sebelumnya juga sudah pernah dilakukan.

KBO Satlantas Polres Tegal, Ipda Puspa Mayangsari, menjelaskan bahwa kendaraan odong-odong ini tidak sesuai dengan peruntukkannya. 

Karena seharusnya odong-odong ini digunakan hanya di area wisata yang jaraknya tidak terlalu jauh, apalagi sampai ke jalan umum atau jalan raya. 

Sedangkan yang marak saat ini, odong-odong malah digunakan sebagai alat transportasi dari tempat satu ke tempat lainnya, dengan jarak yang jauh. 

Belum lagi, odong-odong juga terkadang disewa untuk mengantar ke acara pernikahan, kondangan, dan lain-lain. 

"Kami secara konsisten terus melakukan razia atau penertiban odong-odong, tapi untuk waktunya kapan memang tidak kami tentukan atau beritahukan. Tapi yang pasti kami berkoordinasi dengan Dinas Perhubungan, dan dibantu Satpol PP," jelas Ipda Mayang, saat ditemui, Jumat (29/7/2022).

Belum lama ini, tepatnya Rabu (27/7/2022) lalu, Satlantas Polres Tegal bersama Dishub dan Satpol PP Kabupaten Tegal, melaksanakan razia odong-odong di daerah Kecamatan Talang.

Pada razia tersebut, tim berhasil mengamankan satu odong-odong yang kedapatan sedang membawa rombongan penumpang.

"Pengemudi kami tilang, dan yang bersangkutan nantinya tetap akan kami panggil untuk dimintai klarifikasi atau penjelasan terlebih dahulu," ungkapnya.

Halaman
12
Sumber: Tribun Pantura
  • Ikuti kami di
    AA
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved