Berita Slawi

Begini Tata Cara Menukarkan Uang Rusak ke Bank Indonesia

Kantor Perwakilan Bank Indonesia (KPw BI) Tegal, menyelenggarakan Capacity Building tahun 2022 yang didalamnya membahas mengenai tata cara menukarkan

Penulis: Desta Leila Kartika | Editor: muh radlis
TRIBUN PANTURA/Desta Leila Kartika
Unit Pelaksanaan Uang Rupiah, Ahmad Afandi, sedang memberikan paparan mengenai cara menukarkan uang yang kondisinya rusak sampai mengubah bentuk dan uang lusuh. Acara berlangsung di Hotel Inside By Melia, Yogyakarta, Sabtu (30/7/2022) malam. 

TRIBUNPANTURA.COM, SLAWI - Kantor Perwakilan Bank Indonesia (KPw BI) Tegal, menyelenggarakan Capacity Building tahun 2022 yang didalamnya membahas mengenai tata cara menukarkan uang dengan kondisi rusak dan lusuh.

Acara berlangsung di Hotel Inside By Melia, Yogyakarta, Sabtu (30/7/2022) malam. 


Unit Pelaksanaan Uang Rupiah, Ahmad Afandi, menjelaskan uang masuk kategori rusak adalah uang yang wujud atau secara bentuk sudah tidak sesuai dengan ukuran aslinya.


Ia pun mencontohkan, semisal uang berubah bentuk tidak sesuai aslinya karena digerogiti rayap, terbakar, intinya yang secara wujud rusak dan tidak utuh lagi.


Kondisi tersebut, berbeda dengan bentuk uang lusuh atau istilahnya lecek.


"Kami sudah ada MoU antara Bank Indonesia Tegal dengan perbankan, agar menerima penukaran uang dari masyarakat tapi harus dilihat dan disesuaikan kriteria nya.

Sementara untuk kriteria sendiri lebih dari 2/3.

Dengan kata lain, jika perbankan tidak bisa menebak apakah kerusakan uang lebih dari 2/3 atau tidak, maka perbankan bisa mengarahkan masyarakat supaya menukarkan langsung ke kami," jelas Afandi, pada Tribunjateng.com.


Afandi menegaskan, ukuran 2/3 ini adalah dari bentuk asli uang yang mengalami kerusakan.


Dicontohkan kembali, semisal ada orang kemudian tidak sengaja menyobek sisi dari uang sampai sebagian hilang.

Halaman
12
Sumber: Tribun Pantura
  • Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved