Berita Kendal

Layanan Penyeberangan KMP Kalibodri Kendal ke Kumai Dihentikan Sebulan, Ini Alasannya

Layanan penyeberangan dari Kabupaten Kendal ke Kumai, Kalimantan Tengah menggunakan KMP Kalibodri dari Pelabuhan Kendal terhenti satu bulan ke depan.

Penulis: Saiful Masum | Editor: m zaenal arifin
Dokumentasi
Sejumlah penumpang mendapatkan pelayanan terakhir KMP Kalibodri sebelum dilakukan perawatan selama sebulan, Senin (1/8/2022). 

TRIBUNPANTURA.COM, KENDAL - Layanan penyeberangan dari Kabupaten Kendal ke Kumai, Kalimantan Tengah menggunakan KMP Kalibodri dari Pelabuhan Kendal terhenti satu bulan ke depan.

Perjalanan terakhir terjadi, Senin (1/8/2022) sebelum dilakukan perawatan dan perbaikan rutin atau docking.

Sementara layanan penyebarangan sementara waktu dialihkan ke pelabuhan Tanjung Emas Semarang. 

Plt Kepala UPTD Pelabuhan Kendal, Misbahul Munir mengatakan, rencananya perbaikan akan berlangsung selama satu bulan, dan nantinya kembali melayani penyeberangan pada September mendatang.

Dia menjelaskan, sudah menjadi rutinitas kapal melakukan perbaikan dan perawatan.

Sepanjang Agustus ini, bakal dimanfaatkan untuk perawatan tahunan agar fasilitas kapal tetap prima. 

"Jadi untuk jadwal keberangkatan KMP Kalibodri Agustus tidak ada, hanya sekali tanggal 1 Agustus," terangnya, Senin (1/8/2022).

Meski tidak ada aktivitas penyeberangan, lanjut dia, masyarakat tetap bisa mengunjungi pelabuhan. 

Pihaknya juga membuka kesempatan kepada kapal lain yang ingin bersandar di Pelabuhan Kendal, sampai KMP Kalibodri selesai dilakukan perawatan.

Misbahul menjelaskan, pihaknya juga tengah mempersiapkan perbaikan dan perawatan sejumlah sarana dan prasarana pelabuhan.

Termasuk rencana pengerukan dermaga yang dangkal.

"Pengerukan dermaga, Dinas Perhubungan Kendal belum menjadwalkan karena tidak bisa dilakukan sewaktu-waktu mengingat butuh anggaran yang besar," tuturnya.

Direktur CV Karya Bersama selaku agen KMP Kalibodri, Yulianto menambahkan, pihaknya akan mencoba menambah jadwal keberangkatan dari Pelabuhan Kendal dengan meminta kepada Angkutan Sungai Danau dan Penyeberangan (ASDP) agar bisa menambah satu perjalanan lagi sebelum perawatan.

Jika tidak bisa, jadwal penyeberangan selanjutnya akan langsung dialihkan melalui pelabuhan Semarang. 

"KMP Kalibodri saat ini melayani penyeberangan penumpang dan armada, baik pengangkut sembako maupun barang lain ke Kumai Kalimantan Tengah," ujarnya. (*)

Sumber: Tribun Pantura
  • Ikuti kami di

    AA
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved