Berita Batang

PUDAM Sendang Kamulyan Batang Siap Suplai Air Baku Dua Kawasan Industri

Perusahaan Umum Daerah Air Minum (PUDAM) Sendang Kamulyan Batang menyatakan kesiapannya memenuhi kebutuhan suplai air baku di dua kawasan industri.

Penulis: dina indriani | Editor: m zaenal arifin
TribunPantura.com/Dina Indriani
Rumah susun KIT Batang masih dalam proses pembangunan, Kamis (31/3/2022) lalu. 

TRIBUNPANTURA.COM, BATANG - Perusahaan Umum Daerah Air Minum (PUDAM) Sendang Kamulyan Batang menyatakan kesiapannya memenuhi kebutuhan suplai air baku di dua kawasan industri. 

Dua kawasan itu meliputi Kawasan Industri Terpadu (KIT) Batang yang berada di Kecamatan Gringsing dan Batang Industrial Park (BIP) di Desa Tulis Batang. 

“Saat ini belum ada permintaan, tetapi karena kita jualan air baku, jadi siapapun yang minta akan kita cukupi,” tutur Direktur Utama PUDAM Sendang Kamulyan, Yulianto, Selasa (2/8/2022).

Lebih lanjut dikatakannya dalam upaya pemenuhan air baku, pihaknya akan mengembangkan air laut dengan mengandeng investor atau pihak ke tiga.
 
“Keterbatasan air baku, biaya investasi pengembangan sumber air baku yang tinggi memang menjadi tantangan kita."

"Tapi Insyaallah ke depan akan berusaha mengandeng pihak ketiga untuk bisa mencukupi kebutuhan air baku di dua kawasan industri tersebut,” jelasnya.
 
Yulianto mengatakan saat ini untuk pemenuhan pembangunan kawasan industri lahan 450 hektar mencukupi air baku dari Pemerintah Pusat yaitu dengan membangun jaringan untuk mengambil air permukaan Sungai Kaliurang Subah. 

Diperkirakan suplai air baku itu sekitar 285 liter perdetik. 

“Ketika sudah jadi, harapan kami penyerahan pengelolannya kepada Pemda, karena Batang sudah ada Sistem Penyediaan Air Minum (SPAM) sehingga tidak perlu membuat SPAM baru jadi kita yang akan mengelolanya,” imbuhnya.

Sementara itu, untuk jumlah pelanggan air baku di PUDAM Sendang Kamulyan Batang saat ini mencapai 56 ribu pelanggan.

"Kami optimis dua tahun ke depan jumlahnya akan memingkat mencapai 60 ribu pelanggan," pungkasnya. (*)

Sumber: Tribun Pantura
  • Ikuti kami di
    AA
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved