Berita Batang

Warga Batang Kini Cek dan Bayar Tagihan Air Cukup Pakai Aplikasi Banyu

Masyarakat Kabupaten Batang kini tidak perlu repot saat akan melakukan pembayaran tagihan air.

Penulis: dina indriani | Editor: m zaenal arifin
Dokumentasi
Direktur Umum PUDAM Sendang Kamulyan Syswandi Hambali menunjukkan aplikasi Banyu. 

TRIBUNPANTURA.COM, BATANG - Masyarakat Kabupaten Batang kini tidak perlu repot saat akan melakukan pembayaran tagihan air.

Pasalnya Perusahaan Umum Daerah Air Minum (PUDAM) Sendang Kamulyan Batang semakin mempermudah pelayanan.

Pembayaran tagihan air kini cukup dengan memanfaatkan aplikasi yang dapat diunduh melalui playstore di gawai android.

Untuk mengimbangi percepatan pelayanan secara digital, maka PUDAM Sendang Kamulyan mempersiapkan sarana prasarana penunjang pembayarannya.

Direktur Umum PUDAM Sendang Kamulyan Syswandi Hambali mengatakan, sejak 2019 lalu, Sendang Kamulyan telah membuat aplikasi Banyu untuk memudahkan pelanggan mengetahui jumlah tagihan sekaligus melakukan pembayaran.

“Banyu ini tidak hanya untuk memudahkan dalam pembayaran saja, tapi ada informasi lainnya yang bisa diketahui pelanggan, seperti pemberitahuan apabila ada gangguan dan pelanggan pun dapat memberikan kritik, saran serta masukan lewat aplikasi tersebut,” tuturnya dalam keterangan rilis, Rabu (3/8/2022).

Dijelaskannya, dalam kurun waktu beberapa tahun ke depan, jika sarana prasarana penunjang teknologi informasi sudah memadai, dimungkinkan pelayanan pembayaran tagihan tidak mengharuskan pelanggan datang langsung ke kantor.

“Jangka panjangnya kami akan menggantikan pelayanan pembayaran konvensional ke digital. Semuanya akan kami limpahkan secara Payment Point Online Banking (PPOB) atau pembayaran online, tentu ini akan lebih praktis dan efisien,” jelasnya.

Beberapa bank yang sudah bekerja sama antara lain: Bank Syariah Indonesia (BSI), Bank Jateng, BRI, Mandiri, BTN. Ada pula sejumlah perusahaan perdagangan elektronik Indonesia.

Lebih lanjut, pembayaran secara online ini praktis, memudahkan pelanggan untuk membayar tepat waktu, cukup menggunakan aplikasi yang ada, sehingga meminimalkan terjadinya tunggakan.

Halaman
12
Sumber: Tribun Pantura
  • Ikuti kami di
    AA
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    Tribun JualBeli
    © 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved