Berita Slawi

Wisata Kuliner dan Seni Tradisional Cempaka Suro Fest 2022 Bumijawa Kabupaten Tegal

Meriahkan pergantian tahun baru Islam 1444 hijriah, Desa Wisata Cempaka, Kecamatan Bumijawa

Penulis: Desta Leila Kartika | Editor: muh radlis
IST
Penampilan yang ada dalam rangkaian acara Cempaka Suro Fest 2022, Kecamatan Bumijawa, Kabupaten Tegal, Jumat (5/8/2022). 

TRIBUNPANTURA.COM, SLAWI – Meriahkan pergantian tahun baru Islam 1444 hijriah, Desa Wisata Cempaka, Kecamatan Bumijawa, Kabupaten Tegal gelar Cempaka Suro Fest 2022. 


Acara yang menyajikan aneka pertunjukan seni tradisional dan kuliner lokal ini akan berlangsung selama tiga hari, dari tanggal  5-7 Agustus 2022 di Desa Cempaka, Kecamatan Bumijawa.

 

Informasi ini disampaikan Ketua Pokdarwis Desa Cempaka, Abdul Hayyi, dalam rilis yang diterima Tribunjateng.com, Minggu (7/8/2022). 


Sementara penyelenggaraan Cempaka Suro Fest 2022 ini adalah yang ketiga kalinya.


Hayyi menjelaskan, melalui festival ini pihaknya akan menyuguhkan beragam pertunjukan seni tradisional seperti musik angklung, tari Londhong, pencak silat, hingga hadroh. 


Nantinya juga akan ada pawai obor atau barit, sebuah tradisi turun temurun dari warga desa setempat.


Tak ketinggalan, ada pula acara nonton bareng film sintren yang dilanjutkan dengan pertunjukan sintren dari Desa Semedo, Kecamatan Kedungbanteng dan tari topeng endel.


Puncaknya di hari Minggu (7/8/2022) adalah festival kuliner tradisonal di Pasar Slumpring Desa Cempaka, yang ditutup dengan pagelaran wayang santri dengan dalang Ki Haryo Soesilo Enthus Susmono.


“Puncak acara Cempaka Suro Fest 2022 ini akan ditutup dengan wayang santri setelah sebelumnya ada seremoni penutupan oleh Bupati Tegal, Umi Azizah,” kata Hayyi, pada Tribunjateng.com. 

Halaman
12
Sumber: Tribun Pantura
  • Ikuti kami di
    AA
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved