Berita Slawi

Cukupi Kebutuhan Air Bersih di Dua Kecamatan, Pemkab Tegal Jalin Kerjasama Dengan Pemkab Pemalang

Keterbatasan sumber air bersih di wilayah Kecamatan Warureja dan Suradadi akan dicukupi melalui kerjasama pemanfaatan sumber air baku.

Dokumentasi
Bupati Tegal, Umi Azizah, memandatangi dokumen kesepakatan bersama pemanfaatan sumber air baku dengan Bupati Pemalang, Mukti Agung Wibowo, di Ruang Rapat Bupati Tegal beberapa waktu lalu. 

TRIBUNPANTURA.COM, SLAWI – Keterbatasan sumber air bersih di wilayah Kecamatan Warureja dan Suradadi akan dicukupi melalui kerjasama pemanfaatan sumber air baku dari mata air Tuk Sumber Jambe, Moga, Pemalang. 

Hal ini terungkap saat Bupati Tegal, Umi Azizah, dan Bupati Pemalang, Mukti Agung Wibowo, menandatangani kesepakatan bersama dengan Pemkab Pemalang, dalam pemanfaatan sumber air baku di Ruang Rapat Bupati Tegal, beberapa waktu lalu. 

Umi berharap melalui jalinan kerja sama tersebut, kebutuhan air bersih warga di Kecamatan Warureja dan Suradadi bisa terlayani. 

Ketersediaan air bersih dinilainya merupakan salah satu elemen yang akan mendorong peningkatan kesejahteraan masyarakat. 

Terlebih menurutnya, air bersih adalah elemen terpenting dalam mewujudkan sanitasi sehat yang korelasinya pada tumbuh kembang anak terutama balita sangat kuat, disamping mencegah stunting.

Di sisi lain, pertambahan jumlah penduduk akan berdampak pada bertambahnya kebutuhan akan air bersih, terlebih di wilayah Warureja dan Suradadi yang belum terlayani jaringan air bersih PDAM Kabupaten Tegal. 

Kedua wilayah ini, menurut Umi, seringkali mengalami kekeringan dan kesulitan air bersih saat musim kemarau tiba.

Pada kesempatan ini, Umi pun mengucapkan terima kasihnya kepada Bupati Pemalang yang telah membuka jalinan kerja sama pemanfaatan sumber air baku, dari sumber mata air berkapasitas 150 liter per detik tersebut.

“Atas nama masyarakat Kabupaten Tegal kami mengucapkan terimakasih dan memberikan apresiasi yang setinggi-tingginya kepada pak Agung, Bupati Pemalang yang telah berkenan berbagi sumber air baku dari Tuk Sumber Jambe, Moga, Pemalang,” ungkap Umi, dalam rilis, Selasa (9/8/2022).

Hal yang sama juga disampaikan Bupati Pemalang, Mukti Agung Wibowo.

Menurutnya, melalui kerja sama antar pemerintah daerah ini diharapkan mendatangkan manfaat bagi kedua belah pihak, terutama dalam terwujud kesejahteraan dan kemakmuran rakyat. (*)

Sumber: Tribun Pantura
  • Ikuti kami di

    AA
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved