Berita Batang

Bantu Tingkatkan Daya Saing Pelajar, KIT Batang Berikan Pelatihan Bahasa Asing

KIT Batang atau Grand Batang City memberikan pelatihan berbahasa asing kepada pelajar dengan terjun langsung ke sekolah-sekolah.

Penulis: dina indriani | Editor: m zaenal arifin
TribunPantura.com/Dina Indriani
Direktur Operasional dan Teknik PT KIT Batang, Adler Manarissan Siahaan saat memberikan cinderamata pelatihan kepada pihak sekolah, Senin (15/8/2022). 

TRIBUNPANTURA.COM, BATANG - Kawasan Industri Terpadu (KIT) Batang atau Grand Batang City memberikan pelatihan berbahasa asing kepada pelajar dengan terjun langsung ke sekolah-sekolah.

Melalui program Bright Future Ahead itu, menjadi salah satu langkah PT KIT Batang menyiapkan tenaga kerja SMA, SMK agar punya kemampuan berbahasa asing aktif khususnya bahasa inggris.

Hal itu mengingat banyak Penanaman Modal Asing (PMA) yang akan membangun pabrik di KIT Batang. 

Direktur Operasional dan Teknik PT KIT Batang, Adler Manarissan Siahaan, mengatakan ada sekitar 300 pelajar dari 10 sekolah yang ada di Gringsing dan sekitarnya.

Kesepuluh sekolah tersebut yakni, SMK Sekar Bumi Nusantara, SMAN 1 Gringsing, SMA NU Al Munawir, MA NU Banyuputih, SMK Diponegoro Banyuputih, SMAN 1 Subah, SMK Bhakti Kencana Subah, SMK Darussalam Kemiri, MA Darussalam Kemiri dan SMA Pondok Modern Selamat Batang. 

"Kami siapkan dulu 10 sekolah dengan total 300 siswa, dengan targetnya 28 ribu siswa sesuai dengan target permintaan dari Kemnaker untuk tahun 2023 atau awal 2024," tuturnya Adler saat diwawancarai usai Kelas Perdana Bright Future Ahead KIT Batang di SMK Sekar Bumi Nusantara, Senin (15/8/2022). 

Dikatakannya, pihaknya akan lanjut melakukan roadshow ke sekolah-sekolah bersama tenaga pengajar.

"Pada program roadshow ke sekolah itu, nantinya per pertemuan akan diberikan materi selama tiga jam dengan jangka waktu sebulan, kalau berhasil nanti akan kami lanjutkan," imbuhnya. 

GM Corporate Secretary PT KIT Batang, M Burhan Murtaki menambahkan, pelatihan keterampilan bahasa asing ini sejalan dengan prinsip Grand Batang City yang berkomitment untuk memberi manfaat bagi masyarakat sekitar. 

Selain pelatihan, Grand Batang City juga akan memberikan Beasiswa kepada peserta training terbaik.

"Kami berharap kegiatan ini bisa membawa dampak positif bagi para siswa yang mengikuti pelatihan, agar mereka bisa memiliki ketrampilan bahasa asing yang akan bermanfaat bagi mereka saat memasuki dunia kerja nantinya," imbuhnya.

PJ Bupati Batang, Lani Dwi Rejeki mengapresiasi program ini, ia pun berharap program ini bisa berlanjut, seperti dengan penambahan kursus bahasa asing lain, ataupun soft skill sesuai yang dibutuhkan KIT Batang.

"Di KIT Batang ini banyak penanaman modal asing, sehingga membutuhkan pekerja yang bisa berbahasa Inggris aktif, jadi dengan CSR dari KITB dan forum relawan ini diharapkan bisa membekali generasi muda Batang."

"Dan kami berharap ke depan ada pelatihan lain sesuai yang dibutuhkan KIT Batang," pungkasnya. (*)

Sumber: Tribun Pantura
  • Ikuti kami di
    AA
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved