Berita Batang

267 Narapidana Lapas Batang Dapat Remisi HUT ke-77 RI

Sebanyak 267 narapidana mendapatkan remisi umum dalam rangka HUT ke-77 Kemerdekaan Republik Indonesia.

Penulis: dina indriani | Editor: m zaenal arifin
TribunPantura.com/Dina Indriani
Pj Bupati Batang Lani Dwi Rejeki saat menyerahkan SK remisi HUT ke-77 RI kepada narapidana Lapas Batang, Senin (17/8/2022). 

TRIBUNPANTURA.COM, BATANG - Hari kemerdekaan ini menjadi momen bahagia bagi narapidana di Lapas Kelas IIB Batang.

Pasalnya, sebanyak 267 narapidana mendapatkan remisi umum dalam rangka HUT ke-77 Kemerdekaan Republik Indonesia.

"Narapidana yang diusulkan untuk mendapatkan remisi telah memenuhi persyaratan sesuai undang-undang Republik Indonesia nomor 22 tahun 2022 tentang permasyarakatan peraturan menteri hukum dan hak asasi manusia RI nomor 7 tahun 2022 tentang syarat pemberian remisi," terang Kepala Lapas Kelas IIB Batang, Rindra Wardhana, Senin (17/8/2022).

Lebih lanjut, remisi umum hari kemerdekaan tahun 2022 ini diberikan kepada narapidana yang telah memenuhi syarat administratif dan subtantif.

Diantaranya telah menjalani pidana minimal 6 bulan dan tidak terdaftar pada register F serta telah mengikuti program pembinaan yang diselenggarakan oleh lapas.

Remisi umum (RU) I sebanyak 227 orang , RU II sebanyak 1 orang dengan catatan belum bisa keluar, karena masih menjalani subsider hasil persidangan.

Register F sebanyak 11 orang, pencabutan PB sebanyak 6 orang, dan belum ada 6 bulan masa pidana sebanyak 22 orang.

"Para narapidana ini terlibat kriminal umum, seperti Narkotika, pembunuhan dan penipuan, sementara, pengurangan masa hukuman tergantung dari masa pidananya, namun 70 persen kebanyakan kasus narkoba," jelasnya.

Dikatakannya, dengan adanya remisi ini, para napi dapat merubah pola pikir menjadi lebih baik lagi, bisa menyadari kesalahannya sehingga mempercepat reintegrasinya ke masyarakat.

“Yang jelas tujuan dari sistem pemasyarakatan salah satunya seperti itu bisa memberikan motivasi kepada warga binaan di lapas untuk bertindak lebih baik, makanya salah satu syarat remisi kepada mereka adalah berkelakuan yang baik,” pungkasnya. (*)

Sumber: Tribun Pantura
  • Ikuti kami di
    AA
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved