Berita Batang

Disperpuska Batang Gelar Lomba Bercerita Angkat Budaya dan Kearifan Lokal

Ada berbagai cara yang bisa digunakan untuk menunjukkan eksistensi budaya suatu daerah, salah satunya dengan

Penulis: dina indriani | Editor: muh radlis
TRIBUN PANTURA/Dina Indriani
Pemenang lomba bercerita yang digelar Disperpuska Batang di Pekan Raya Batang 2022, Sabtu (3/9/2022). 

TRIBUNPANTURA.COM, BATANG - Ada berbagai cara yang bisa digunakan untuk menunjukkan eksistensi budaya suatu daerah, salah satunya dengan menggelar lomba bercerita.


Hal itupun dilakukan Pemerintah Kabupaten Batang melalui Dinas Perpustakaan dan Kearsipan (Disperpuska) yang mengadakan lomba bercerita dalam serangkaian kegiatan di Pekan Raya Batang 2022.


Kegiatan lomba ini merupakan upaya untuk tetap menjaga kearifan lokal dan melestarikan budaya melalui cerita-cerita rakyat agar tidak tertelan zaman.


"Lomba bercerita ini dengan tema yang diberikan yaitu kekhasan budaya lokal Kabupaten Batang atau daerah di Jawa Tengah.


Hal tersebut untuk mendukung agar budaya lokal tetap berkembang di tengah-tengah masyarakat karena tidak dipungkiri kemajuan informasi teknologi juga berdampak prilaku dan budaya masyarakat," tutur Kepala Disperpuska, Rakhmat N Fadilah kepada Tribunjateng.com , Sabtu (3/9/2022).

 

Kepala Bidang Perpustakaan Disperpuska Batang, Satriyo Rah Wicaksono menambahkan lomba bercerita ini diikuti 13 peserta yang mewakili kecamatan masing-masing.

 

"Dalam membawakan ceritanya tadi para peserta sudah cukup baik dan memiliki semangat tinggi dalam penyampaian cerita yang dibawakan, ini membuktikan anak-anak khususnya di Kabupaten Batang mencintai cerita-cerita sejarah lokal atau cerita rakyat," terangnya.


Dalam pemilihan juara, pihaknya pun menunjuk tiga dewan juri yang mumpuni dan berprestasi dalam dunia mendongeng atau bercerita.


Adapun juara lomba bercerita, juara satu diraih oleh Faiza Liana Zairah dari SDN Randu O1 perwakilan Kecamatan Pecalungan, juara dua Elvyo Arda Arkanantar dari SDN Tersono perwakilan Kecamatan Tersono.


Juara tiga Dina Syfaul Khusna dari SDN Maduguwongjati 01 perwakilan Kecamatan Gringsing dan juara favorit diraih Khumaira Rifki Elyaningrum dari SDN Pasekaran 01 perwakilan Kecamatan Batang.


Satriyo menambahkan selain ada hadiah sebagai bentuk apresiasi, lomba ini juga untuk menyaring siswa yang nantinya akan diikutkan dalam lomba tingkat yang lebih tinggi.


"Ini sekaligus kami mencari bibit-bibit baru yang nantinya bisa disiapkan ketika ada lomba bercerita misal tingkat provinsi, menjadi perwakilan Kabupaten Batang," pungkasnya.

Sumber: Tribun Pantura
  • Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    berita POPULER

    © 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved