Berita Jateng

Ini Penjelasan Pertamina Soal Nelayan di Jepara Tak Dapat Layanan Pembelian Solar

PT Pertamina Patra Niaga menyatakan, Lembaga penyalur Pertamina yang melayani Solar subsidi bagi nelayan di Jepara terdapat di SPBUN.

Penulis: Idayatul Rohmah | Editor: m zaenal arifin
TribunPantura.com/Muhammad Yunan Setiawan
Puluhan jeriken milik nelayan dijejer antre di SPBU Mlonggo, Senin, 12 September 2022. Ratusan nelayan mendatangi SPBU tersebut karena geram selama ini kesulitab mendapatkan solar sehingga tidak bisa melaut. 

TRIBUNPANTURA.COM, SEMARANG -  Sejumlah nelayan mendatangi SPBU Sekuro, Kecamatan Mlonggo, Kabupaten Jepara, Senin (12/9/2022).

Mereka yang berjumlah ratusan itu datang ke pom bensin dengan membawa jeriken dan berorasi menyampaikan uneg-unegnya.

Para nelayan menuntut pihak SPBU agar dilayani pembelian solar.

Menanggapi hal tersebut, PT Pertamina Patra Niaga Pertamina Regional Jawa Bagian Tengah (JBT) menyatakan, Lembaga penyalur Pertamina yang melayani Solar subsidi bagi nelayan di Jepara terdapat di SPBUN.

Baca juga: Lawan Persita, PSIS Semarang Bawa 20 Pemain ke Tangerang, Ada Sang Pahlawan Riyan Ardiansyah

SPBUN merupakan SPBU yang dikhususkan untuk melayani BBM subsidi bagi nelayan dengan kuota yang ditetapkan Badan Pengatur Hilir Minyak dan Gas Bumi (BPH Migas). 

Area Manager Communication, Relation & Corporate Social Responsibility Regional Jawa Bagian Tengah PT Pertamina Patra Niaga, Brasto Galih Nugroho menyebutkan, ada dua SPBUN di Jepara yakni SPBUN 4859401 Ujungbatu dan SPBUN 4859402 Kedungmalang.

Baca juga: Terkait Kasus Korupsi Aset, Kepala BPKAD Kota Semarang Ungkap Ada Pegawai Lain Selain Iwan Budi

SPBUN 4859401 Ujungbatu sendiri mendapat alokasi 328 kiloliter per bulan dan SPBUN 4859402 Kedungmalang mendapat alokasi 400 kiloliter per bulan.

"Selain itu, ada juga SPBUN di Jepara yang merupakan lembaga penyalur badan usaha selain Pertamina," terang Brasto, Senin (12/9).

Di sisi lain, terkait pembelian solar subsidi bagi nelayan di SPBU tertentu, Brasto menyatakan, pihaknya akan melakukan pengkajian lebih lanjut.

Baca juga: Mahasiswa Baru Politeknik Harber Tegal Ikuti Pengenalan Kampus: Supaya Memiliki Bekal dan Pandangan

Sementara itu lebih lanjut ia mengimbau apabila terdapat masukan mengenai pembelian Solar subsidi di SPBU tertentu, Pemkab Jepara dapat mengirimkan surat kepada Pertamina Patra Niaga dengan menyertakan alasan, SPBU yang direkomendasikan Pemkab Jepara, dan data nelayan yang akan melakukan pembelian di SPBU. 

"Akan kami kaji dan evaluasi."

"Apabila Pemkab Jepara memiliki masukan terhadap kuota BBM subsidi, maka dapat menyampaikannya ke BPH Migas," tambahnya.

Baca juga: Dalam Proses Perbaikan, Tiga Ruang Kelas SDN Pedeslohor 02 Tegal Ambruk, Penyebabnya Ini

Di sisi itu Brasto menegaskan, untuk pembelian BBM subsidi bagi nelayan, aturan yang berlaku yakni disertai surat rekomendasi Dinas Perikanan.

"(Hal itu) sebagaimana diamanahkan Perpres 191/2014," imbuhnya. (*)

Sumber: Tribun Pantura
  • Ikuti kami di
    AA
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved