Breaking News:

Berita Jateng

Ketua DPRD Kudus Sebut UMKM Bagian dari Soko Guru Perekonomian

Pemerintah Kabupaten Kudus sukses menggelar Pekan Usaha Mikro Kecil dan Menengah (UMKM)

Penulis: Saiful Masum | Editor: muh radlis
TRIBUN JATENG/SAIFUL MASUM
Sejumlah pengunjung meramaikan stand-stand UMKM dalam pagelaran Pekan UMKM Kudus, 10-11 September 2022. 

TRIBUNPANTURA.COM, KUDUS - Pemerintah Kabupaten Kudus sukses menggelar Pekan Usaha Mikro Kecil dan Menengah (UMKM) 2022 selama dua hari pada, Sabtu-Minggu 10-11 September.


Ajang kebangkitan para pelaku usaha kecil dan menengah Kabupaten Kudus itu berlangsung cukup meriahkan bersamaan dengan perayaan hari ulang tahun ke-473 Kabupaten Kudus dan ulang tahun ke-75 PT Sukun Wartono Indonesia.


Setidaknya ada 75 pelaku UMKM dengan berbagai produk usaha ikut meramaikan kegiatan di kawasan Alun-alun Simpang Tujuh Kudus.


Kepala Dinas Tenaga Kerja, Perindustrian, Koperasi dan UKM (Disnaker Perinkop UKM) Kudus, Rini Kartika Hadi Ahmadi mengatakan, selama penyelenggaraan dua hari, tercatat perputaran keuangan mencapai Rp 717,9 juta.


Dia merinci, di hari pertama Pekan UMKM, jumlah perputaran uang di kalangan UMKM mencapai Rp 110,8 juta. Jumlah ini mengalami peningkatan drastis hingga 7 kali lipat di hari kedua berbarengan dengan pelaksanaan Sukun Tour de Muria.


Rini menegaskan, pihaknya bakal terus berupaya memfasilitasi pelaku UMKM Kudus agar bisa naik tingkat, sehingga bisa mendongkrak pendapatan ekonomi.


"Ada 75 UMKM yang ikut berpartisipasi.

Mulai dari produk makanan, minuman, dan aneka kerajinan. Alhamdulillah meriah banyak pengunjung," terangnya, Sealsa (13/9/2022).


Guna menggenjot UMKM Kudus naik level, Rini menekankan perlunya kelengkapan legalitas usaha.


Selain itu, pihaknya bakal terus berupaya memberikan pelatihan kepada para pelaku usaha, agar mempunyai skill untuk mengambangkan usahanya masing-masing.

Halaman
12
Sumber: Tribun Jateng
  • Ikuti kami di
    AA
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved