Berita Batang

Senangnya Anak Penyintas Thalassemia Ikuti Outbond di Pagilaran Batang

Berbagai ekspresi keceriaan terpancar dari raut wajah belasan anak penyintas thalassemia saat mengikuti outbond di kebun

Penulis: dina indriani | Editor: muh radlis
TRIBUN PANTURA/Dina Indriani
Belasan anak penyintas thalassemia saat mengikuti outbond di kebun teh Pagilaran, Kecamatan Blado, Kabupaten Batang, Minggu (18/9/2022). 

TRIBUNPANTURA.COM, BATANG - Berbagai ekspresi keceriaan terpancar dari raut wajah belasan anak penyintas thalassemia saat mengikuti outbond di kebun teh Pagilaran, Kecamatan Blado, Kabupaten Batang.


Mereka pun antusias dan semangat mengikuti berbagai kegiatan games.


Perlu diketahui, thalasemia adalah kelainan darah bawaan yang ditandai oleh kurangnya protein pembawa oksigen (hemoglobin) dan jumlah sel darah merah dalam tubuh yang kurang dari normal. 


Mereka tergabung dalam forum Pejuang Thalasemia dengan total ada 18 anak di Kabupaten Batang sebagai penyintas. 


Dokter spesialis anak RSUD Kalisari Batang, dr Tan Evi Susanti, Sp A mengatakan diadakannya kegiatan ini tak lain untuk memberikan semangat bagi penderita thalassemia.


"Kegiatan ini sebagai bentuk peringatan Hari Thalasemia yang baru bisa dilaksanakan karena pandemi, Thalasemia jatuh setiap 8 Mei.


Selain memberikan semangat, juga untuk refreshing para penyintas thalassemia, karena kasihan mereka rutinitas sehari-harinya hanya transfusi," tuturnya kepada Tribunjateng.com.


Lebih lanjut, dikatakan dr Tan Evi, para penyintas thalassemia harus menjalani transfusi darah setiap dua minggu hingga sebulan sekali, dan berlangsung sepanjang hidup. 


Kegiatan itu juga diisi dengan pemberian semangat dan pengetahuan untuk para penyintas serta orangtua.


Ia juga mengingatkan para penyintas harus tetap rutin mengonsumsi obat klasi besi. 

Halaman
12
Sumber: Tribun Pantura
  • Ikuti kami di
    AA
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    Tribun JualBeli
    © 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved