Berita Jateng

Heri Pudyatmoko: Pentingnya Dongkrak Ekonomi Era Digital di Kabupaten Wonosobo

Era revolusi industri 4.0 menjadikan ekonomi kreatif sebagai salah satu isu strategis yang diandalkan dalam persaingan global.

Penulis: hermawan Endra | Editor: m zaenal arifin
Dokumentasi
Wakil Ketua DPRD Jawa Tengah, Heri Pudyatmoko saat menyampaikan materi pada pertemuan Sosialisasi Non-Perda di Wonosobo, Minggu (18/9/2022). 

TRIBUNPANTURA.COM, WONOSOBO - Era revolusi industri 4.0 menjadikan ekonomi kreatif sebagai salah satu isu strategis yang diandalkan dalam persaingan global.

Semua negara berlomba-lomba terjun dalam ekonomi kreatif sebagai bagian dari gerakan inovasi global. 

“Perlu didalami, ekonomi kreatif sangat penting untuk saat ini sehingga mari kita bahas, analisis, dan konsepsikan. Kalau tidak, kita akan semakin tertinggal dalam perkembangan ekonomi global," kata Heri Pudyatmoko, Wakil Ketua DPRD Jawa Tengah, pada pertemuan Sosialisasi Non-Perda di Wonosobo, Minggu (18/9/2022).

Mengambil tema "Konsepsi Ekonomi Kreatif Era Digitalisasi di Kabupaten Wonosobo", menurut Heri, Selain supporting pada sumber-sumber daya alam, perlu juga mendorong generasi muda agar lebih kreatif, khusunya paska pandemi. 

Heri mengungkapkan, era ini sudah masuk era bonus demografi.

Diperkirakan pada tahun 2045 nanti, hampir 70 persen penduduk Indonesia mayoritas anak-anak muda atau berusia produktif.

Oleh karena itu, pemuda Wonosobo terutama, mulai dilatih dan diberikan ruang untuk berkreasi.

"Teman-teman muda ini harapan. Mainan teknologi canggih sudah moncer. Ini harus didorong terus dan diberi ruang kreasi karena era ini juga eranya informasi. Semua serba jejaring maya," Ungkapnya.

Ia menambahkan, kalau ekonomi digital telah melahirkan budaya baru yakni cashless society. Artinya adalah masyarakat tanpa uang tunai.

Diharapkan industri kreatif dapat memanfaatkan peran ekonomi digital ini dan mulai beradaptasi.

Halaman
12
Sumber: Tribun Pantura
  • Ikuti kami di
    AA
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    Tribun JualBeli
    © 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved