Berita Jateng

Capaian Vaksinasi Booster di Jawa Tengah Saat Ini 31,56 Persen

Dinas Kesehatan Provinsi Jawa Tengah terus berupaya mendorong vaksinasi booster bagi masyarakat.

Penulis: Idayatul Rohmah | Editor: muh radlis
TRIBUN JATENG/Idayatul Rohmah
Talkshow Seminar yang dipersembahkan PMI pusat didukung IFRC dan USAID di Haka Hotel Semarang, Selasa (27/9/2022). Talkshow tersebut mengambil tema Lindungi Keluarga Tercinta dengan Vaksin Booster. 

TRIBUNPANTURA.COM, SEMARANG - Dinas Kesehatan Provinsi Jawa Tengah terus berupaya mendorong vaksinasi booster bagi masyarakat.

Pasalnya, capaian vaksinasi booster di Jawa Tengah saat ini masih rendah sehingga perlu untuk terus dikebut hingga mencapai target.


"Sampai hari ini, capaian vaksinasi booster sebesar 31,56 persen. Adapun standar dari sampai 50 persen dari total sasaran.


Maka butuh kerja keras dan kolaborasi," kata Kepala Dinkes Jateng Yunita Dyah Suminar di sela Talkshow Seminar yang dipersembahkan PMI pusat didukung IFRC dan USAID di Haka Hotel Semarang, Selasa (27/9/2022).


Adapun talkshow tersebut mengambil tema "Lindungi Keluarga Tercinta dengan Vaksin Booster".

 

Dalam agenda ini Yunita menuturkan, pihaknya melakukan sosialisasi dan edukasi kepada masyarakat terkait pentingnya booster Covid-19.


"Sebetulnya yang utama adalah menyadarkan masyarakat untuk berpartisipasi dalam kegiatan ini supaya mereka juga terhindar dari infeksi covid-19.


Banyak masyarakat yang merasa tidak masalah tanpa booster. Ini tantangan kita untuk memberikan pemahaman bahwa masih penting dilakukan," ujarnya.


Di sisi itu, Yunita menambahkan, capaian vaksinasi booster di Jawa Tengah sendiri saat ini tertinggi yakni Surakarta sebesar 72 persen dan Kota Semarang 68 persen.


Sedangkan capaian terendah yakni Tegal, Pemalang, dan Pekalongan yang rata-rata di bawah 20 persen.


Bidang Pelayanan Kesehatan PMI Jateng dr Hartanto menambahkan, memang, vaksinasi booster di Jawa Tengah masih rendah.


Untuk itu, kata dia, pihaknya turut mendorong masyarakat yang belum melakukan vaksinasi booster agar melakukan vaksinasi booster.


"PMI mendukung program pemerintah dan PMI punya jejaring sampai ke tingkat desa untuk antar jemput ataupun door to door. Yang sudah berjalan di Pati, Magelang, dan Pekalongan.


Di PMI juga ada dibekali komunikasi risiko, komunikasi personal untuk meyakinkan teman atau saudara yang belum booster," imbuhnya.

Sumber: Tribun Jateng
  • Ikuti kami di

    AA
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved