Breaking News:

Berita Pati

Pati Diminta Siapkan Opening Ceremony yang Meriah untuk Ajang Porprov Jateng 2023

Rombongan KONI Jateng yang dipimpin Bona Ventura diterima Penjabat (Pj) Bupati Pati Henggar Budi Anggoro di Ruang Joyokusumo Sekretariat Daerah.

TribunPantura.com/Mazka Hauzan Naufal
Pj Bupati Pati Henggar Budi Anggoro menerima kunjungan Rombongan KONI Jateng di Pendopo Kabupaten Pati, Jumat (30/9/2022) petang. 

TRIBUN-PANTURA.COM, PATI - Komite Olahraga Nasional Indonesia (KONI) Jawa Tengah berkunjung ke Kabupaten Pati untuk memastikan kesiapan Bumi Mina Tani menghelat Pekan Olahraga Provinsi (Porprov) Pati Raya 2023.

Rombongan KONI Jateng yang dipimpin Bona Ventura diterima Penjabat (Pj) Bupati Pati Henggar Budi Anggoro di Ruang Joyokusumo Sekretariat Daerah Kabupaten Pati, Jumat (30/9/2022) petang.

Henggar didampingi Kepala Dinporapar Pati Rekso Suhartono dan Ketua KONI Pati Mustamaji. 

KONI Jawa Tengah memastikan kesiapan venue cabang olahraga (cabor) dan upacara pembukaan (opening ceremony) yang bakal dihelat di Stadion Joyokusumo.

"KONI Jateng memastikan kesiapan kami sebagai tuan rumah. Alhamdulillah semua venue siap. Tinggal (venue) sepatu roda yang masih proses pengerjaan. Gedung senam juga sudah fix dianggarkan tahun depan," jelas Henggar Budi Anggoro.

Baca juga: Gratis, Masyarakat Sragen Bisa Tukarkan Botol Plastik Bekas dengan Bibit Tanaman, Begini Caranya

Terkait opening ceremony, lanjut Henggar, pihaknya juga siap. Baik terkait anggaran maupun aspek lain. 

"Lebih lanjutnya nanti kami bicarakan bersama dengan Dinporapar dan DPRD," ucap Henggar.

Senada, Ketua KONI Pati Mustamaji menegaskan kesiapan venue 12 cabang olahraga (cabor) yang akan dipertandingan di Pati. 

"Semua sudah siap," tegas Mustamaji.

Menurut Mustamaji, dalam peninjauan kali ini, KONI Jawa Tengah juga menyoroti persiapan opening ceremony yang akan digelar di Kabupaten Pati.

Baca juga: Bupati Tegal Salurkan BLT DBHCHT ke 2.416 Orang Penerima Manfaat

Gelaran opening ceremony sendiri diperkirakan bakal menyedot anggaran cukup besar.

"Opening ceremony belum teranggarkan. Kebutuhannya besar karena harus menampilkan yang spektakuler. Kami studi banding di Yogyakarta kemarin kebutuhannya sekitar Rp4 miliar. (Kebutuhan anggaran) dibantu KONI Jawa Tengah nanti sekitar Rp750 juta untuk acara pembukaan dan penutupan (penutupan di Kudus-red.). Tapi sudah kami komunikasikan dengan Pemkab, in syaa Allah siap. Nanti akan dibahas lebih lanjut lagi terkait teknis opening ceremony," tandas dia.

Ketua KONI Jateng Bona Ventura mengatakan, pihaknya sengaja datang untuk memastikan kesiapan Kabupaten Pati yang selain akan jadi tuan rumah 12 cabor, juga dipakai untuk Pembukaan Porprov 2023.

"Kami tinjau persiapannya, apakah masih ada kendala. Kami berusaha menjembatani agar semua terlaksana dengan baik. Saya kira (progres persiapan) kalau 50 persen lebih. Karena venue tinggal sepatu roda (dan senam) saja yang belum. Persiapan cukup baik," ujar Bona.

Baca juga: Ganjar Terbitkan Edaran ke Bupati dan Walikota di Jateng, Instruksikan Penggunaan Aspal Buton

Menurut dia, yang masih jadi PR untuk Pati ialah mempersiapkan acara pembukaan yang gemebyar, meriah.

"Sebab kami ingin opening ceremony yang berbeda dari pembukaan event lain. Penutupan juga demikian, tapi kalau acara penutupan di Kudus," jelas Bona.

Bagaimanapun, ia percaya dan meyakini Kabupaten Pati siap jadi tuan rumah 12 cabor dalam Porprov Jateng 2023

"Persiapan bisa dilakukan sambil berjalan. Toh masih sampai September tahun depan. Saya percaya Pati bisa. Tidak ada masalah," tandas dia. (*)

Sumber: Tribun Pantura
  • Ikuti kami di

    AA
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved