Berita Pati

Siswa MTsN 1 Pati Raih Prestasi Dalam Kompetisi Robot Internasional di Singapura

Siswa MTsN 1 Pati, Hafiz Ulumuddin Karim, mengibarkan bendera Merah Putih dalam ajang Robotics Innovation Challenge (RIC) 2022 di Singapura.

Dokumentasi
Siswa MTsN1 Pati berprestasi dalam ajang Robotics Innovation Challenge (RIC) 2022 di Singapura. 

TRIBUNPANTURA.COM, PATI – Siswa MTsN 1 Pati, Hafiz Ulumuddin Karim, mengibarkan bendera Merah Putih dalam ajang Robotics Innovation Challenge (RIC) 2022 di Singapura.

Bersama timnya, Hafiz membawa pulang predikat Second Runner Up kategori Innovation Design Challenge (DIC) setelah menampilkan karya di hadapan juri dari Massachusetts Institute of Technology USA.

RIC diselenggarakan oleh Electrical and Computer Engineering, National University of Singapore. 

RIC diikuti putra-putri dari tujuh negara, yaitu Indonesia, Malaysia, Singapura, India, Australia, Filipina, dan Thailand.

Hafiz mengatakan, ia sangat bahagia setelah dinobatkan sebagai Second Runner Up dalam lomba robotik internasional. 

Kemenangan ini membuat dia lebih bersemangat untuk mengikuti lomba-lomba berikutnya.

“Alhamdulillah, saya sangat bahagia tentunya dan membuat saya lebih bersemangat lagi untuk mengikuti lomba-lomba berikutnya,” tutur Hafiz sesuai rilis MTsN 1 Pati, Senin (5/12/2022).

Ia menjelaskan, dalam kompetisi kali ini robot yang ia dan timnya ciptakan diberi nama Robot Emotion Detection Utility-Artificial Intelligence (REDU-AI) yang memiliki fungsi membantu para remaja dalam mengatasi kesehatan mental dengan cara mendeteksi ekspresi wajah atau raut wajah.

Selama mengikuti serangkaian kegiatan di Singapura, Hafiz mengatakan suasananya tidak jauh berbeda dengan di Indonesia. 

Hanya saja, ada sedikit kendala bahasa yang ia alami, terutama karena keterampilan bertutur bahasa Inggrisnya belum terlalu bagus.

“Untuk memahami masih bisa paham, tapi kalau ngomong belum lancar. Meskipun demikian, kami tetap santai saja. Triknya, pahami dulu bahasanya, baru menjawab sebisanya. Yang penting yang kita ajak ngobrol paham,“ ungkap dia.

“Harapan ke depan, keterampilan berbahasa inggris di MTsN 1 Pati semakin diperkuat lagi karena salah satu kunci madrasah mendunia harus menguasai bahasa,” imbuh Hafiz.

Muhammad Alie Muzakki, Guru Pembimbing Robotik MTsN 1 Pati menyebutkan bahwa Hafiz merupakan siswa yang siap dan berani ambil sikap dalam kompetisi. 

“Hafiz, anak yang selalu siap dalam setiap kompetisi dan berani ambil sikap yang diperlukan,” puji dia.

Halaman
12
Sumber: Tribun Pantura
  • Ikuti kami di

    AA
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    berita POPULER

    © 2023 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved