Berita Batang

Dua Sekolah Binaan PT BPI Kembali Raih Penghargaan Sekolah Adiwiyata Nasional

PT BPI melalui program CSR bidang pendidikan mendukung program sekolah adiwiyata sebagai wujud komitmen

Penulis: dina indriani | Editor: muh radlis
IST
Suasana para guru, siswa, wali murid dan Komite Sekolah SDN 01 Ponowareng, serta DLH Kabupaten Batang, Dindikbud Kabupaten Batang sedang mengikuti penerimaan penghargaan Adiwiyata Tingkat Nasional secara Daring beberapa waktu lalu. 

TRIBUNPANTURA.COM, BATANG - PT BPI melalui program CSR bidang pendidikan mendukung program sekolah adiwiyata sebagai wujud komitmen perusahaan dalam mengajak masyarakat sekitar terutama institusi pendidikan untuk bersama-sama membangkitkan kepedulian terhadap lingkungan serta mewujudkan sekolah berwawasan lingkungan.


Atas program itu, dua sekolah binaan PT Bhimasena Power Indonesia (BPI) mendapatkan penghargaan sebagai Sekolah Adiwiyata Tingkat Nasional tahun 2022.


Penghargaan diberikan oleh Menteri Lingkungan Hidup dan Kehutanan, Siti Nurbaya, secara daring, beberapa waktu lalu.


Penghargaan tersebut diberikan kepada 94 sekolah Adiwiyata Mandiri tingkat SD/MI, SMP/MTs, dan SMA/SMK/MA, dan kepada 305 sekolah Adiwiyata Nasional tingkat SD/MI, SMP/MTs, dan SMA/SMK/MA di seluruh Indonesia.


Sedangkan di Jawa Tengah yang mendapatkan penghargaan Adiwiyata Mandiri sebanyak 16 sekolah, dan 50 sekolah meraih Adiwiyata Nasional.


Direktur Operasional PT BPI Yoshimitsu Fujii mengatakan pihaknya sejak tahun 2016, PT BPI mendukung program Sekolah Adiwiyata.


Yakni sekolah berbudaya lingkungan untuk 20 sekolah tingkat SD/MI dan SMP/MTs yang ada di sekitar PLTU Batang.


Enam Sekolah Adiwiyata diantaranya telah meraih predikat penghargaan tingkat nasional, yakni MI Ujungnegoro 02 pada tahun 2018, SDN Kenconorejo 01 dan SDN Simbangjati pada tahun 2019, SDN Ujungnegoro 01 pada tahun 2021, dan SDN Karanggeneng 02 dan SDN Ponowareng 01 pada tahun 2022.


“Kami berharap, 20 sekolah Adiwiyata yang menjadi binaan perusahaan akan meraih predikat Sekolah Adiwiyata tingkat Nasional, dan  Tingkat Mandiri,"ujarnya dalam keterangan rilis, Jumat (9/12/2022).


Kepala Sekolah SD Negeri Karanggeneng 02 Kustantina mengatakan penghargaan yang didapatkan ini tidak semata-mata kerja dari pihak sekolah saja, melainkan sinergitas dari PT BPI, Dinas Lingkungan Hidup (DLH) Kabupaten Batang, Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Kabupaten Batang, dan para stakeholders lainnya yang ikut mendukung dan memotivasi program sekolah berbudaya lingkungan.


"Kami mengucapkan terima kasih kepada semua pihak, khususnya kepada PT BPI yang selalu mendampingi dan mendukung kegiatannya, Alhamdulillah perjuangan menuju sekolah Adiwiyata Nasional akhirnya tercapai, setelah beberapa tahun mengikuti tahapan dari tingkat Kabupaten, dan Provinsi.


 Penghargaan ini, akan menjadi dasar kami untuk lebih semangat lagi agar bisa mencapai Adiwiyata Mandiri,” tutur Kustanti,


Hal yang sama juga disampaikan oleh kepala sekolah SD Negeri Ponowareng 01 Mokhamad Jamal Nasher yang juga menerima penghargaan Sekolah Adiwiyata Nasional bersama SD Negeri Karanggeneng 02 secara daring.


“Terima kasih kepada PT BPI yang selalu setia mendampingi dan membantu SD Negeri Ponowareng 01, mulai dari tingkat Kabupaten, Provinsi, hingga tingkat Nasional. 


Lalu, DLH Kabupaten Batang, Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Kabupaten Batang, para guru, orang tua wali murid, para siswa, yang telah bersinergi mewujudkan program sekolah Adiwiyata ini," imbuh M Jamal.


Sekretaris DLH Kabupaten Batang, Suyaeni mengatakan hingga saat ini sudah ada 5 Sekolah Dasar dan 1 Madrasah Ibtidaiyah yang sudah mendapatkan penghargaan Sekolah Adiwiyata Nasional.


DLH Kabupaten Batang juga telah berupaya secara intensif memberikan arahan-arahan dan melibatkan dukungan pihak DLHK Provinsi Jawa Tengah, agar sekolah-sekolah yang sudah dan akan menjadi sekolah Adiwiyata terus berbenah di lingkungan sekolahnya.


“Kami berharap, apa yang telah dilakukan oleh PT BPI melalui program CSR nya, bisa diikuti oleh perusahaan lainnya yang ada di Kabupaten Batang, agar ikut berpartisipasi dalam mendukung program lingkungan dari pemerintah dan inimerupakan bentuk kerjasama, sinergitas yang handal, dan komunikasi yang baik antara investor dan pemerintah daerah,"pungkasnya.

Sumber: Tribun Pantura
  • Ikuti kami di

    AA
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2023 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved