Berita Nasional

Erick Thohir Maksimalkan Posisi Menteri BUMN Bantu Masyarakat

"Pak Erick Thohir mampu memaksimalkan posisinya sebagai Menteri BUMN,” ujar Arifki.

Editor: editorbiznis
Istimewa
Menteri BUMN RI Erick Thohir 

TRIBUNPANTURA.COM - Menteri BUMN Erick Thohir dinilai sebagai pemimpin yang tepat dalam mengayomi masyarakat Indonesia. Pengamat Politik yang juga Direktur Eksekutif Aljabar Strategic, Arifki Chaniago mengatakan ia berhasil memaksimalkan posisi orang nomor satu di Kementerian BUMN untuk membantu masyarakat Indonesia.

"Pak Erick Thohir mampu memaksimalkan posisinya sebagai Menteri BUMN,” ujar Arifki.

Kementerian BUMN era Erick Thohir jadi lebih aktif mengeluarkan terobosan untuk membantu perekonomian masyarakat. Seperti halnya, program KUR dan Mekaar yang digalakkan untuk membantu ekonomi akar rumput.

Berdasarkan data pemerintah, penyaluran KUR oleh HIMBARA telah mencapai Rp 345 triliun ke 7,2 juta pelaku usaha di seluruh wilayah Indonesia. Sementara itu, program Mekaar mengalami kenaikan jumlah nasabah sejak pandemi Covid-19 menyerang.

Di mana sebelum pandemi jumlah nasabah hanya berjumlah 5,6 juta dan berdasarkan data per November 2022 telah berjumlah 12,7 juta. Erick Thohir juga berinovasi untuk meningkatkan pendapatan para petani di seluruh wilayah Indonesia melalui program Makmur.

Hingga kini Makmur telah memberdayakan 43.079 petani di seluruh Indonesia dan terbukti berhasil meningkatkan 36 persen produktivitas dan 46 persen pendapatan. Terbaru bahkan terdapat program Solusi Nelayan yang merupakan program gagasan Erick Thohir dengan berkolaborasi bersama KemenkopUKM.

Program ini memastikan para nelayan mendapatkan solar subsidi dari pemerintah. Tak hanya itu, program tersebut juga terdapat bantuan pendanaan dan pendampingan usaha bagi para nelayan agar dapat meningkatkan pendapatan.

Berdasarkan data dari pemerintah, program ini telah diikuti oleh kelompok nelayan Koperasi Mina Saroyo Cilacap yang memiliki 8.441 anggota.

“Pengelolaan program Erick Thohir terasa langsung oleh publik,” pungkas Arifki. (*)

  • Ikuti kami di

    AA
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2023 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved