Berita Pekalongan

Perayaan Imlek di Kota Pekalongan Berlangsung Secara Aman

Pengamanan perayaan tahun baru Imlek 2574/2023 M, di wilayah Kota Pekalongan, Jawa Tengah berjalan secara aman.

Penulis: Indra Dwi Purnomo | Editor: muh radlis
TRIBUNPANTURA/Indra Dwi Purnomo
Pengamanan perayaan Imlek di Kota Pekalongan 

TRIBUNPANTURA.COM, PEKALONGAN -  Pengamanan perayaan tahun baru Imlek 2574/2023 M, di wilayah Kota Pekalongan, Jawa Tengah berjalan secara aman.


Hal itu ditunjukkan saat personel dari Kodim 0710 Pekalongan bersama Polres Pekalongan Kota, Banser serta beberapa ormas Islam melaksanakan pengamanan di Klenteng Po An Thian di Jalan Belimbing No 5 Kelurahan Sampangan Kecamatan Pekalongan Timur Kota Pekalongan, pada Sabtu (21/1/2023) malam.


Komandan Kodim 0170 Pekalongan Letkol Infantri Rizky Aditya menyampaikan, dalam rangka memberikan rasa aman dan nyaman saat perayaan Imlek yang dilakukan oleh umat Khong Hu Cu, Kodim 0710 Pekalongan bersinergi dengan aparat lainya melaksanakan pengamanan.


"Kita bersama aparat terkait yang ada di wilayah Kota Pekalongan terus bersinergi untuk memberikan rasa aman dan nyaman kepada warga Thionghoa, khususnya yang saat ini berada di Klenteng Po An Thian, dimana mereka sedang merayakan tahun baru Imlek," kata Komandan Kodim 0170 Pekalongan Letkol Infantri Rizky Aditya.


Selain itu, ini juga sebagai bentuk kerukunan antar umat beragama.

 

Kemudian, dalam pengamanan yang dilakukan seperti hari-hari besar agama yang lain, sehingga tanpa memandang perbedaan suku, ras dan agama, TNI , Polri bersama segenap komponen bangsa lainnya memberikan pengamanan yang terbaik demi terciptanya situasi keamanan yang kondusif.


"Kita akan selalu memberikan yang terbaik kepada rakyat, karena TNI manunggal bersama rakyat akan menjadikan negara kita menjadi kuat," imbuhnya.


Pihaknya berharap, sinergitas yang baik dalam melaksanakan pengamanan serta kerukunan antar umat beragama yang selama ini sudah terjalin sangat baik, menjadikan perayaan Imlek kali ini bisa berjalan dengan nyaman, aman dan kondusif.


Sementara itu, Suharsono pengurus Yayasan Po An Thian mengatakan, untuk malam ini adalah persembahan untuk tuhan.


Setelah itu, dilanjutkan dengan ibadah bersama.


"Untuk paginya akan ada kegiatan silahturahmi," katanya.


Dijelaskan, bahwa dalam rangka perayaan Imlek tahun 2023 ini, Klenteng Po An Thian menyelenggarakan berbagai kegiatan diantaranya adalah pemberian sembako kepada masyarakat yang kurang mampu, kulineran, kirab budaya dan makan lontong sayur bersama.


"Di tahun baru Imlek ini, kami berdoa agar Indonesia semakin maju, tentram, aman, dan nyaman sehingga bisa terlepas dari gangguan-gangguan yang tidak diinginkan," jelasnya.

Sumber: Tribun Pantura
  • Ikuti kami di

    AA
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2023 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved