Breaking News:

Berita Slawi

Banser Bojong Kabupaten Tegal Diterjunkan ke Lokasi Bencana

Hujan deras yang turun hampir setiap hari di wilayah Kabupaten Tegal mengakibatkan terjadinya bencana di beberapa titik, terutama di daerah pegunungan

IST
Anggota Banser sedang mengatur pengendara yang akan lewat jalan Lengkong-Batunyana untuk berhati-hati, karena jalan licin dan sebagian jalan juga ada yang ambles. 

Penulis: Desta Leila Kartika 

TRIBUNPANTURA.COM, SLAWI - Hujan deras yang turun hampir setiap hari di wilayah Kabupaten Tegal mengakibatkan terjadinya bencana di beberapa titik, terutama di daerah pegunungan seperti Kecamatan Bojong. 

Bencana yang terjadi memunculkan keprihatinan dan kepedulian banyak pihak. 

Salah satunya aksi kepedulian ditunjukkan oleh Barisan Ansor Serbaguna (Banser) PAC GP Ansor Kecamatan Bojong Kabupaten Tegal, yang menerjunkan anggotanya ke berbagai lokasi bencana seperti puting beliung, tanah longsor, dan tanah bergerak. 

Ketua PAC GP Ansor, Nasrun As'adani atau yang disapa Oni mengatakan, anggota Ansor dan Banser antara lain diterjunkan di lokasi longsor dan tanah bergerak di jalur Desa Lengkong-Batunyana. 

Tim relawan yang tergabung dalam Banser Tanggap Bencana (Bagana) tersebut langsung diterjunkan sejak longsor pada Sabtu (13/2/2021) lalu. 

Tanah longsor yang berasal dari perbukitan di sepanjang jalan sempat menutup akses jalan penghubung Lengkong-Batunyana.

“Kami sangat prihatin dengan musibah ini. Kami terpanggil dengan menerjunkan para anggota untuk membersihkan longsoran dan mengawal pengendara yang melintas di jalur tersebut,” ujar Oni, dalam rilis yang diterima Tribunjateng.com, Senin (22/2/2021). 

Selain musibah longsor, aksi Bagana juga dilakukan pada warga yang terdampak puting beliung di Desa Bojong dan Desa Buniwah. 

“Di Bojong dan Buniwah, anggota Ansor dan Banser melakukan assessment bencana dan bersama warga ikut memperbaiki rumah-rumah rusak yang terdampak puting beliung," jelas Oni.

Sampai hari ini Senin (22/2/2021), anggota Ansor dan Banser masih dijadwalkan untuk membantu warga yang melewati jalur longsor. 

Oni menambahkan, hingga saat ini jalur Lengkong-Batunyana masih sangat licin dan belum aman untuk dilewati. 

“Ansor Banser insyaallah akan mengawasi dan mengawal jalur ini hingga aman kembali untuk dilewati warga,” pungkasya. (dta) 

Penulis: Desta Leila Kartika
Editor: muh radlis
Sumber: Tribun Pantura
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

berita POPULER

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved