Breaking News:

Berita Nasional

TNI Jadi Institusi yang Paling Dipercaya Anak Muda, Kalahkan Presiden, Polri dan KPK

TNI Jadi Institusi yang Paling Dipercaya Anak Muda, Kalahkan Presiden, Polri dan KPK

ANTARA FOTO/M RISYAL HIDAYAT via kompas.com
Prajurit pasukan khusus Intai Amfibi Marinir TNI AL melakukan Swamp Forest Patrol atau patroli dalam rawa kawasan hutan bakau Parang Kursi, Lampon, Pesanggaran, Banyuwangi, Jawa Timur, Rabu (8/4). Latihan tersebut merupakan bagian dari Latihan Standar Kemampuan Perorangan Dasar (SKPD) dan Latihan Standar Kemampuan Perorangan Lanjutan (SKPL), yang terdiri dari menembak reaksi dan barikade, menembak tempur offensif serta melaksanakan patroli intai tempur dan taktik kondisi tertentu. 

TRIBUNPANTURA.COM, JAKARTA - Intitusi apa yang paling mendapat trust atau kepercayaan dari anak muda?

Apakah Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK), Tentara Nasional Indonesia (TNI), Kepolisian Republik Indonesia (Polri), ataukah lembaga Kepresidenan?

Temuan Indikator Politik Indonesia menunjukkan, Tentara Nasional Indonesia (TNI) menjadi institusi paling dipercaya anak muda Indonesia.

Baca juga: 17 Calon Presiden Pilihan Anak Muda: Ganjar Nomor 2, Anies dan Ridwan Kamil Urutan Berapa?

Baca juga: Cara Mendaftar dan Persyaratan Rekrutmen Polri - Taruna Akpol, Login: penerimaan.polri.go.id

Baca juga: Cara Mendaftar dan Persyaratan Rekruitmen TNI AD 2021 dari Tamtama, Bintara, dan Taruna

Baca juga: Kabar Gembira, Dibuka: Rekrutmen Tamtama TNI AU 2021, Berikut Syarat Pendaftarannya

Berdasarkan temuan itu, 12 persen anak muda sangat percaya, 77 persen cukup percaya, 9 persen sedikit percaya, dan 1 persen tidak percaya sama sekali.

Hal itu disampaikan Direktur Eksekutif Indikator Politik Indonesia Burhanuddin Muhtadi dalam rilis survei bertajuk "Suara Anak Muda Terhadap Isu-Isu Sosial Politik Bangsa", Minggu (21/3/2021).

Burhanuddin menyebut, temuan ini mengantarkan TNI menjadi institusi paling dipercaya anak muda secara berturut-turut.

"Jadi bisa dilihat di sini, secara umum tidak berbeda. Anak muda secara umum masih trust, yang paling mendapatkan keyakinan paling tinggi adalah TNI."

Komando Pasukan Khusus (Kopassus), merupakan satuan elit di Tentara Nasional Indonesia Angkatan Darat (TNI AD).
Komando Pasukan Khusus (Kopassus), merupakan satuan elit di Tentara Nasional Indonesia Angkatan Darat (TNI AD). (tribunnews.com)

"Kemudian presiden, kemudian polisi, baru kemudian KPK. Ini empat yang tertinggi," ujar Direktur Eksekutif Indikator Politik Indonesia Burhanuddin Muhtadi, dikutip dari Tribunnews.com, Senin (22/3/2021).

Secara kumulatif, persentase kepercayaan anak muda terhadap TNI bahkan mengalahkan delapan institusi besar lainnya, dari presiden, Polri, KPK, Kejaksaan, media mainstream, media sosial, DPR, dan partai politik.

Dalam temuan itu, presiden berada di posisi kedua sebagai institusi paling dipercaya anak muda.

Rinciannya, 13 persen sangat percaya, 72 persen cukup percaya, 13 persen sedikit percaya, dan 1 persen tidak percaya sama sekali.

Sementara itu, untuk Polri, sebanyak 7 persen sangat percaya, 67 persen cukup percaya, 21 persen sedikit percaya, dan 4 persen tidak percaya sama sekali.

Adapun untuk KPK, sebanyak 5 persen sangat percaya, 69 persen cukup percaya, 20 persen sedikit percaya, dan 4 persen tidak percaya sama sekali.

Prajurit Korps Pasukan Khas (Paskhas) TNI AU.
Prajurit Korps Pasukan Khas (Paskhas) TNI AU. (KOMPAS.com/ALBERTUS ADIT)

Posisi paling terakhir adalah institusi partai politik dengan rincian, 3 persen sangat percaya, 54 persen cukup percaya, 33 persen sedikit percaya, 7 persen sedikit percaya, dan 4 persen tidak percaya sama sekali.

Halaman
12
Sumber: Kompas.com
  • Ikuti kami di

    AA
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved