Breaking News:

Berita Slawi

Dalam Enam Bulan Program Tersenyum Kumpulkan 5.975 Liter Minyak Jelantah dari Warga Kabupaten Tegal

Sejak diresmikan Bupati Tegal Umi Azizah pada akhir bulan Februari 2021 lalu, gerakan terima sedekah minyak jelantah untuk mereka (Tersenyum) yang

Penulis: Desta Leila Kartika | Editor: muh radlis
IST
Pemberian santunan sosial kepada anak yatim oleh Rumah Sosial Kutub dari hasil penjualan ekspor minyak jelantah ke negara eropa. Pemberian bantuan secara simbolis disampaikan Bupati Tegal Umi Azizah, saat meresmikan gerakan sedekah minyak jelantah beberapa waktu lalu di Balai Desa Ujungrusi, Kecamatan Adiwerna. 

TRIBUNPANTURA.COM, SLAWI – Sejak diresmikan Bupati Tegal Umi Azizah pada akhir bulan Februari 2021 lalu, gerakan terima sedekah minyak jelantah untuk mereka (Tersenyum) yang diinisiasi Rumah Sosial Kutub mampu menghimpun 5.975 liter minyak jelantah sisa penggorengan dari warga Kabupaten Tegal.

Mendapati laporan tersebut, Bupati Tegal Umi Azizah mengapresiasi capaian tersebut. 

Menurut Umi, gerakan sedekah minyak jelantah sangat membantu pemerintah dalam mengurangi pencemaran lingkungan akibat pembuangan limbah sisa penggorengan yang biasa dibuang sembarangan.

“Artinya di sini, kesadaran warga untuk menyelamatkan lingkungan sudah semakin meningkat.

Hal ini dibuktikan dengan perolehan minyak jelantah yang terus meningkat setiap bulannya selama kurun waktu enam bulan ini,” kata Umi, dalam rilis yang diterima Tribunjateng.com, Minggu (19/9/2021).

Sementara itu, Branch Manager Rumah Sosial Kutub Kabupaten Tegal Sulistiyawati, menjelaskan jika perkembangan sedekah minyak jelantah selama hampir tujuh bulan terakhir terjadi kenaikan volume yang cukup signifikan.

Hal tersebut menurut Sulis, menandakan animo warga Kabupaten Tegal dalam mengikuti gerakan sosial ini terus meningkat. 

“Hingga saat ini, tercatat sudah ada 83 desa yang berpartisipasi mengikuti gerakan sedekah minyak jelantah ini,” jelasnya.

Dari 83 desa tersebut, sudah ada 332 jeriken yang dibagikan untuk menampung minyak jelantah. 

Adapun satu tong dapat menampung sampai 18 liter minyak jelantah. 

Halaman
12
Sumber: Tribun Pantura
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

berita POPULER

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved