Breaking News:

Berita Batang

Apa Maksud Zero Halinar, Program yang Dideklarasikan di Rutan Batang? Begini Penjelasan Rindra

Apa Maksud Zero Halinar, Program yang Dideklarasikan di Rutan Batang? Begini Penjelasan Rindra

Penulis: dina indriani | Editor: yayan isro roziki
Dok Rutan Rowobelang Batang
Sejumlah perwakilan petugas Rutan Kelas IIB Batang bersama Warga Binaan Pemasyarakatan (WBP) mendeklarasikan Zero Handphone, Pungli dan Narkoba (Halinar) di Rutan Kelas IIB, Kabupaten Batang, Senin (4/10/2021). 

TRIBUNPANTURA.COM, BATANG - Sejumlah perwakilan petugas Rutan Kelas IIB Batang bersama Warga Binaan Pemasyarakatan (WBP) mendeklarasikan Zero Handphone, Pungli dan Narkoba (Halinar).

Deklarasi dibacakan langsung oleh dua orang perwakilan petugas Rutan dan WBP, lalu ditirukan oleh peserta, saat apel Deklarasi Zero Halinar di Rutan Kelas IIB, Kabupaten Batang, Senin (4/10/2021).

Deklarasi tersebut bertujuan untuk menegaskan bahwa seluruh pihak yang ada di dalam Rutan bersih dari barang-barang terlarang dengan peningkatan pengawasan dari petugas internal maupun eksternal.

Kepala Rutan Batang Rindra Wardhana mengatakan secara rutin penggeledahan dilakukan oleh Satuan Operasional untuk Pengawasan Internal, untuk memastikan tidak ada penggunaan gawai dan alat komunikasi lainnya di dalam Rutan.

“Semua memahami kehidupan di dalam Rutan tentunya hal-hal negatif ini lebih cepat tersebar daripada yang positif, maka kami berkomitmen untuk melarang keras adanya gawai maupun obat-obatan terlarang di dalam Rutan,” tuturnya.

Sebagai konsekuensinya, pihak Rutan memberikan akses kemudahan berupa beragam fasilitas komunikasi bagi WBP yang ingin bersosialisasi dengan keluarganya menggunakan kecanggihan teknologi informasi yang disediakan.

“Apalagi saat Pandemi Covid-19 tidak diizinkan melakukan kunjungan secara fisik, kami sudah menyiapkan Warung Telekomunikasi Khusus (Wartelsus) dan Videocall,” jelasnya.

Lebih lanjut, dengan makin banyaknya WBP yang memanfaatkan Wartelsus untuk berkomunikasi dengan keluarganya. 

Tapi jika terdapat handphone di dalam blok hunian, tentunya akan mengurangi pemanfaatan Wartelsus.

Beragam layanan tersebut merupakan wujud komitmen bahwa Rutan Batang benar-benar steril dari handphone maupun Narkoba.

Halaman
12
Sumber: Tribun Pantura
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved