Breaking News:

Berita Slawi

BPBD Kabupaten Tegal Beri Edukasi Penanganan Bencana

Cuaca yang kadang tidak menentu dan sebagai upaya antisipasi jika terjadi bencana, Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten

Penulis: Desta Leila Kartika | Editor: muh radlis
IST
Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Tegal, saat menggelar sosialisasi komunikasi informasi dan edukasi Desa rawan bencana, di Gedung Serba Guna Kecamatan Dukuhturi, Rabu (13/10/2021). 

TRIBUNPANTURA.COM, SLAWI - Cuaca yang kadang tidak menentu dan sebagai upaya antisipasi jika terjadi bencana, Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Tegal menggelar sosialisasi komunikasi informasi dan edukasi Desa rawan bencana, di Gedung Serba Guna Kecamatan Dukuhturi, Rabu (13/10/2021). 


Tidak hanya memberikan sosialisasi, pada kesempatan yang sama juga dijelaskan mengenai penanganan bencana di masa pandemi Covid-19. 


Hadir pada kegiatan tersebut, Camat Dukuhturi Mukhtarom, Kabid Pencegahan dan Kesiapsiagaan BPBD Kabupaten Tegal Djuliono, dan Kepala Pelaksana BPBD Kabupaten Tegal Jaenal Dasmin. 


Dalam sambutannya, Camat Dukuhturi Mukhtarom menyebut, di wilayahnya ada lima desa yang rawan bencana yaitu di Sidakaton, Pagongan, Sidapurna, Kupu, dan Kademangaran. 


Lima desa tersebut sering terjadi banjir yang kerap melanda saat musim hujan.

Dengan sosialisasi tersebut diharapkan ada komunikasi yang baik, sehingga tidak saling tunjuk saat terjadi bencana.


“Semoga ilmu yang diperoleh dari sosialisasi ini bisa diterapkan di masyarakat saat terjadi bencana.

Masyarakat juga semakin teredukasi dan memahami apa langkah yang harus diambil jika terjadi bencana utamanya banjir, mereka tidak akan panik karena sudah tahu harus apa," harap Mukhtarom, pada Tribunjateng.com, Rabu (13/10/2021). 

 

Kabid Pencegahan dan Kesiapsiagaan BPBD Kabupaten Tegal Djuliono menuturkan, peran serta masyarakat dalam penanggulangan bencana sangat diperlukan, di antaranya perlindungan sosialisasi rasa aman, berperan serta dalam bencana, operasi, dan mendapatkan pelayanan kesehatan. 

Halaman
12
Sumber: Tribun Pantura
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved