Breaking News:

Berita Jateng

DPRD Jateng Tetapkan Pembentukan Raperda Pesantren

DPRD Jawa Tengah menyepakati adanya peraturan daerah tentang Fasilitasi dan Sinergitas Penyelenggaraan Pesantren di provinsi ini.

Penulis: m zaenal arifin | Editor: muh radlis
IST
Gubernur Jawa Tengah, Ganjar Pranowo, dan Wakil Ketua DPRD Jateng, Sukirman, menunjukkan berita acara persetujuan bersama Gubernur terkait APBD Tahun Anggaran 2022 dalam sidang paripurna, Kamis (28/10/2021). 

TRIBUNPANTURA.COM, SEMARANG - DPRD Jawa Tengah menyepakati adanya peraturan daerah tentang Fasilitasi dan Sinergitas Penyelenggaraan Pesantren di provinsi ini.

Kesepakatan tersebut telah ditetapkan dalam Rapat Paripurna DPRD Jateng, Kamis (28/10/2021).

Rapat paripurna dipimpin oleh Wakil Ketua DPRD Jateng, Sukirman, dan dihadiri Gubernur Jawa Tengah, Ganjar Pronowo.

Dengan kesepakatan yang tertuang dalam Keputusan DPRD Jateng Nomor 41 Tahun 2021 itu, pembahasan Program Pembentukan Peraturan Daerah (Propemperda) ini akan dilakukan pada 2022 mendatang.

Usulan Propemperda dibacakan anggota Badan Pembentukan Peraturan Daerah (Bapemperda) DPRD Jateng, Ida Nur Sa'adah.

Selain soal pesantren, juga ditetapkan adanya Propemperda tentang Penyelenggaraan Ketentraman, Ketertiban Umum dan Perlindungan Masyarakat, Raperda Penanaman Modal, Raperda Export Produk UMKM, Pertanian, Perkebunan dan Perikanan.

Adapula Raperda Penyiaran, Raperda Kualitas Air Bersih, Raperda Pengelolaan Keuangan Daerah, Raperda Ketenagakerjaan serta Raperda Kumulatif APBD. Khusus Raperda Pesantren terdapat catatan dari Bapemperda.

"Ada beberapa catatan penting yang harus dipenuhi dalam pembahasan Raperda tentang Fasilitasi dan Sinergitas Penyelenggaraan Pesantren di Provinsi Jawa Tengah ini," kata Ida NS.

Ida NS memaparkan, beberapa catatan itu antara lain mempertimbangkan bahwa produk hukum daerah harus dapat memberikan kepastian hukum dalam memayungi, melindungi, dan memberdayakan semua lapisan, golongan dan keberagaman yang ada di Jawa Tengah.

Halaman
12
Sumber: Tribun Jateng
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

berita POPULER

© 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved