Breaking News:

Berita Jateng

Longsor di Gununglurah Banyumas Tutup Jalan Akses Penghubung Desa

Tebing setinggi 30 meter di Desa Gununglurah Kecamatan Cilongok, Banyumas longsor dan menutup akses jalan, Rabu (17/11/2021) sekira

Penulis: Permata Putra Sejati | Editor: muh radlis
IST
Warga saat bergotong royong membersihkan material longsor tebing setinggi 30 meter di Desa Gununglurah Kecamatan Cilongok, Banyumas longsor dan menutup akses jalan, Rabu (17/11/2021) sekira pukul 15.15 WIB. 

TRIBUNPANTURA.COM, BANYUMAS - Tebing setinggi 30 meter di Desa Gununglurah Kecamatan Cilongok, Banyumas longsor dan menutup akses jalan, Rabu (17/11/2021) sekira pukul 15.15 WIB. 


Tanpa ada hujan dan getaran apapun, tiba-tiba tebing longsor begitu saja. 


Ketebalan material kurang lebih 3 meter, dengan panjang 10 meter dan lebar 6 meter. 


"Material longsoran menutup jalan penghubung yang menghubungkan wilayah Desa Gununglurah menuju Desa Sambirata begitupula sebaliknya.


Pada saat longsoran terjadi, ada seorang pengendara sepeda motor yang sedang melintas," ujar Koordinator Tagana Banyumas, Ady Chandra kepada Tribunbanyumas.com.


Pengendara motor sempat tertimpa material longsoran sehingga motor dan korban terseret material longsoran. 


Beruntung pada saat kejadian, korban dapat diselamatkan oleh warga masyarakat sekitar yang langsung melarikan korban ke RSUD Ajibarang. 


Korban mengalami luka pada kaki, lecet pada tangan dan pelipis.


Identitas Korban Irma Liyatin, warga RT 5 RW 5 Desa Gumelar Kecamatan Gumelar, Banyumas


Untuk kerugian material kurang lebih Rp 10 juta. 


Penyebab longsor, diduga karena tanah yang labil dan struktur sangat gembur.


Relawan Gabungan melaksanakan pembersihan material longsoran, menggunakan semprot air Mobil UPT. DAMKAR, Tangki Air BPBD dan pompa air mengambil dari Sungai. 


Mengingat cuaca yang tidak menentu dan kondisi tebing yang labil sewaktu - waktu dapat longsor kembali, maka pembersihan sementara dihentikan.


Untuk mengamankan lokasi maka, Pemerintah Desa Gununglurah dan Pemerintah Desa Sambirata agar menutup total sementara jalur penghubung antar dua desa tersebut.


Pembersihan material longsoran karena volume tanah sangat banyak akan dilakukan menggunakan backhoe dan dump truk agar lebih efisien. 

Sumber: Tribun Jateng
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved