Berita Batang

Ini Kondisi Anak yang Boleh atau Tidak Divaksin Covid-19

Pemerintah Kabupaten Batang saat ini masih terus melaksanakan vaksinasi anak dengan sasaran usia 6 hingga 11 tahun.

Penulis: dina indriani | Editor: muh radlis
TRIBUN PANTURA/DINA INDRIANI
Dokter Spesialis Anak, Tan Evi Susanti 

TRIBUNPANTURA.COM, BATANG - Pemerintah Kabupaten Batang saat ini masih terus melaksanakan vaksinasi anak dengan sasaran usia 6 hingga 11 tahun.


Vaksinasi anak yang telah diluncurkan pada 5 Januari lalu itu dengan target sasaran 74.000 anak.


Vaksinasi pada anak usia 6 hingga 11 tahun dinilai berdampak positif, selain menjaga imunitas yang tidak kalah penting adalah dapat menurunkan resiko penularan Covid-19.


Dokter spesialis anak, Tan Evi Susanti mengatakan bahwa pemberian vaksin anak memang perlu dilakukan dan aman.


Dikatakannya, anak dengan penyakit komorbid atau penyerta boleh dilakukan vaksin Covid-19 dengan catatan bergantung penyakit penyertanya.


"Tidak semua pasien Komorbid terus tidak bisa divaksin, tapi dilihat jenis penyakitnya dulu.


Misalnya, anak penderita Diabetes Melitus tipe satu, sepanjang terkontrol, bisa divaksinasi,” jelasnya, Rabu (19/1/2022).


Dokter yang bertugas di RSUD Kalisari Batang itu mencontohkan penyakit penyerta lainnya yaitu Thalasemia atau kelainan darah, selama kondisi tubuh sehat, dan telah ditransfusi darah boleh maka divaksinasi.


"Yang perlu diperhatikan justru apabila ada anak yang menderita penyakit yang membutuhkan imunosupresan atau golongan obat yang digunakan untuk menurunkan sistem kekebalan tubuh," terangnya.


Lebih lanjut, jikaada anak yang mengalami HIV/AIDS dan kanker, pemberian vaksin dapat ditunda sampai selesai menggunakan obat tersebut dan menunggu imunitas membaik.

 

"Masa pengobatan bisa mencapai 3-5 bulan, maka untuk mengantisipasi agar tidak mudah terpapar Covid-19, perlu menerapkan protokol kesehatan yang ketat," imbuhnya.


dr Tan Evi menambahkan dari sudut pandang kesehatan anak, vaksinasi tersebut memang harus segera dilakukan.


"Anak-anak bisa jadi salah satu sumber penularan Covid-19, meskipun kebanyakan dari mereka tanpa gejala, namun anak bisa menularkan ke orang tuanya, semoga seluruh anak di Kabupaten Batang bisa tervaksinasi dan capaiannya meningkat, jadi tidak ada kekhawatiran,"pungkasnya.

Sumber: Tribun Pantura
  • Ikuti kami di

    AA
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2023 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved