Berita Pekalongan

Jalan Rusak dan Berlubang di Pantura Pekalongan, Warga Tandai Pakai Cat Semprot

Kecelakaan di jalan raya sering sekali disebabkan karena lalai dalam berkendara dan jalan berlubang atau jalan rusak.

Penulis: Indra Dwi Purnomo | Editor: Moch Anhar
TRIBUNPANTURA.COM/INDRA DWI PURNOMO
Aksi warga memberikan tanda warna putih di jalan berlubang yang ada di Jalan Pantura Pekalongan, tepatnya di Jalan sepanjang Wiradesa hingga Siwalan. 

TRIBUNPANTURA.COM, KAJEN - Kecelakaan di jalan raya sering sekali disebabkan karena lalai dalam berkendara dan jalan berlubang atau jalan rusak.

Mirisnya, terkadang jalanan yang rusak tersebut tidak langsung diperbaiki, meski sudah membuat pengaduan.

Bentuk kepedulian terhadap sesama pengendara, warga memberikan tanda dengan warna putih di jalan yang berlubang di wilayah Kecamatan Wiradesa hingga Kecamatan Siwalan, Kabupaten Pekalongan, Jawa Tengah.

Ratusan lubang yang menganga di sejumlah jalan Pantura Kabupaten Pekalongan, ditandai dengan cat semprot warna putih.

Baca juga: Absen Piala AFF U23 2022, Timnas Indonesia Kini Sasar Naik Peringkat FIFA

Baca juga: Ada Penolakan Keras Tambang Wadas Purworejo, NU Sedia Bantu Komunikasi Pemprov-Warga

Baca juga: Polisi Buru Sindikat Pelaku Pembobolan Maling di Kamar Kos Tambakaji Semarang

Pantauan TribunPantura.com, Sabtu (12/2/2022) dari siang hingga sore, dua orang warga Kecamatan Wiradesa, Kabupaten Pekalongan, memberikan tanda warna putih di jalan berlubang sepanjang Wiradesa-Siwalan.

Muhammad Heri (33), warga Wiradesa mengatakan, ide ini muncul karena keprihatinan melihat jalan berlubang di sepanjang Jalan Wiradesa hingga Siwalan.

"Kebetulan saya sering lewat jalan ini, banyak jalan berlubang. Karena cukup membahayakan, saya bersama teman saya Edi menandai jalan berlubang itu dengan pilox warna putih," kata Muhammad Heri (33) warga Wiradesa.

Menurutnya, hal ini dilakukan untuk mempermudah pengendara yang melintas di jalan tersebut dan mengantisipasi terjadinya kecelakaan lalu lintas di jalan tersebut.

"Memang sering terjadi kecelakaan di sepanjang jalan Wiradesa-Siwalan, lubangnya tadi besar-besar, apalagi kalau malam hari sangat membahayakan sekali," ujarnya.

Ia menceritakan, sudah ada ratusan jalan yang berlubang ditandai warna putih. Semoga dengan tanda tersebut mempermudah pengendara kalau menghindar, selain itu agar menjadi perhatian untuk diperbaiki.

"Apabila hal ini tidak ada tindak lanjut dari yang berwenang, saya bersama teman-temannya akan menandai lagi jalan-jalan yang berlubang di wilayah Pantura Pekalongan," imbuhnya.

Hal yang sama juga dikatakan Supriyadi (40), warga Desa Pait, Kecamatan Siwalan mengapresiasi atas warga yang peduli terhadap sesama pengendara.

"Menandai jalan berlubang dengan pilok warna putih ini cukup bagus mas, masih ada warga yang peduli terhadap sesama pengendara. Tanda itu untuk antisipasi dan memberitahukan bahwa ada jalan berlubang," katanya.

Menurutnya, di jalan raya Siwalan ini memang sering terjadi kecelakaan, bahkan sehari bisa mencapai 4 kali kecelakaan di lokasi yang sama.

Baca juga: Kebakaran Pabrik Gelas Plastik di Pati, Bahan Baku Biji Plastik dan Kardus Membuat Api Sukar Padam

Baca juga: Pasangan Baru Dejan dan Gloria‎ Berpeluang Tampil Baik di German Open

Baca juga: Bupati Pati Haryanto Berharap Kejurprov Atletik Bisa Motivasi Atlet di Masa Pandemi

"Yang biasa terjadi kecelakaan di jalan sisih utara atau dari Jakarta hendak ke Semarang. Setelah melewati jembatan, pengendara tidak mengetahui bahwa ada jalan yang berlubang dan banyak sekali."

"Sehari bisa 3 sampai 4 kecelakaan di lokasi tersebut dan rata-rata pengendara motor," ujarnya.

Supriyadi mengungkapkan, beruntung dalam kecelakaan tersebut belum ada korban jiwa.

"Kami selaku warga meminta dari pemerintah atau instansi terkait, untuk memperbaiki jalan yang berlubang tersebut. Sebelum adanya kecelakaan lagi dan merenggut korban jiwa," ungkapnya. (*)

Sumber: Tribun Pantura
  • Ikuti kami di

    AA
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2023 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved