Berita Jateng

Ombudsman Pantau Pelayanan Posko THR Disnakertrans Jateng: Kami Pantau Penyelesaiannya

Ombudsman RI Perwakilan Jawa Tengah melakukan kunjungan koordinasi dan pemantauan Posko Pengaduan THR pada Disnakertrans Jateng.

Penulis: hermawan Endra | Editor: m zaenal arifin
Dokumentasi
Kepala Ombudsman Republik Indonesia Perwakilan Jawa Tengah, Siti Farida bersama tim melakukan kunjungan koordinasi dan pemantauan Posko Pengaduan Tunjangan Hari Raya (THR) pada Dinas Tenaga Kerja dan Transmigrasi Provinsi Jawa Tengah, Rabu (27/4). 

TRIBUNPANTURA.COM, SEMARANG - Kepala Ombudsman Republik Indonesia Perwakilan Jawa Tengah, Siti Farida, bersama tim melakukan kunjungan koordinasi dan pemantauan Posko Pengaduan Tunjangan Hari Raya (THR) pada Dinas Tenaga Kerja dan Transmigrasi (Disnakertrans) Provinsi Jawa TengahTengah,  Rabu (27/4/2022). 

Kunjungan tersebut dalam rangka memantau Posko THR sebagai wujud implementasi Surat Edaran Menteri Tenaga Kerja RI Nomor M/1/HK.04/IV/2022 tanggal 6 April 2022 tentang Pelaksanaan Pemberian THR Keagamaan Tahun 2022 Bagi Pekerja/Buruh Di Perusahaan.

Farida mengatakan Perwakilan Ombudsman Republik Indonesia Jawa Tengah melakukan pengawasan atas pelaksanaan tugas posko THR yang dibentuk oleh Disnakertrans Provinsi Jawa Tengah dalam proses penyelesaian pengaduan yang diterima terkait pembayaran THR oleh perusahaan kepada pekerja.

Farida menambahkan bahwa Ombudsman berharap posko yang dibuka saat ini dapat berjalan efektif dan terintegrasi serta didukung dengan sarana prasarana pengaduan, sistem yang memadai dan petugas yang kompeten. 

“Peluncuran posko THR ini perlu diapresiasi karena menunjukkan keseriusan Pemerintah Provinsi Jawa Tengah dalam menyelesaikan permasalahan terkait hak-hak tenaga kerja” ujar Siti Farida.

Perwakilan Ombudsman Republik Indonesia Jawa Tengah akan melakukan koordinasi secara berkala dengan Disnakertrans Provinsi Jawa Tengah untuk memastikan seluruh pengaduan yang masuk ditangani sesuai prosedur.

“Kami akan memantau jumlah pengaduan yang diterima, masih berproses dan telah diselesaikan serta kendala-kendala yang dialami oleh Disnakertrans Provinsi Jawa Tengah dalam menyelesaikan pengaduan terkait THR."

"Selain itu, kami berencana untuk berkoordinasi juga dengan pihak Serikat Pekerja untuk memantau lebih lanjut terkait pembayaran THR” tambah Farida. 

Berdasarkan informasi yang diterima oleh Perwakilan Ombudsman Republik Indonesia Jawa Tengah, sampai hari ini terdapat 127 pengaduan yang telah masuk ke Posko THR Disnakertrans Provinsi Jawa Tengah, dengan kategori sebanyak 56 pengaduan telah diselesaikan, 50 pengaduan masih proses pemeriksaan dan 21 pengaduan telah diterbitkan nota pemeriksaan.

“Pengaduan yang sudah masuk ke Posko THR ini akan kami pantau penyelesaiannya, dan kami siap memberikan saran masukan apabila diperlukan” ujar Farida. 

Kepala Keasistenan Penerimaan dan Verifikasi Laporan Perwakilan Ombudsman Republik Indonesia Jawa Tengah, Elyna Nazla juga menyampaikan bahwa sampai hari ini belum ada pengaduan masyarakat terkait penerimaan THR yang dilaporkan kepada Ombudsman.

Elyna menghimbau kepada masyarakat agar menyampaikan ke Posko THR yang dibentuk oleh Disnakertrans Provinsi Jawa Tengah terlebih dahulu.

Apabila tidak mendapat pelayanan sebagaimana mestinya, maka agar melaporkan kepada Ombudsman melalui Call Center 137, website atau Whatsapp di nomor 0811 998 3737.   

Perwakilan Ombudsman Republik Indonesia Jawa Tengah menekankan kepada semua pihak untuk mengoptimalkan upaya sesuai dengan kewenangan masing-masing dalam rangka pemenuhan hak-hak tenaga kerja berupa terkait THR. (*)

Sumber: Tribun Pantura
  • Ikuti kami di

    AA
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved