Berita Kendal

Permudah Pengawasan Orang Asing, Kantor Imigrasi Semarang Kenalkan Si Semar Sempoa

Jajaran pegawai Kantor Imigrasi Kelas I TPI Semarang melakukan inovasi untuk mempermudah masyarakat melapor terkait orang asing.

Penulis: Saiful Masum | Editor: m zaenal arifin
Dokumentasi
Kepala Kantor Imigrasi Kelas I TPI Semarang, Guntur Sahat Hamonangan memimpin rapat koordinasi tim pengawasan orang asing (Tim Pora) dan sosialisasi Si Semar Sempoa, di Hotel Sae Inn Kendal, Rabu (15/6/2022). 

TRIBUNPANTURA.COM, KENDAL - Jajaran pegawai Kantor Imigrasi Kelas I TPI Semarang melakukan inovasi untuk mempermudah masyarakat melapor terkait orang asing.

Inovasi itu berupa aplikasi Si Semar Sempoa, sebuah aplikasi Imigrasi Semarang dengan sistem pelaporan orang asing.

Sosialisasi aplikasi terus digencarkan di wilayah hukum Kantor Imigrasi Semarang.

Termasuk di Kabupaten Kendal yang dilakukan di Hotel Sae Inn, Rabu (15/6/2022) berbarengan dengan rapat koordinasi tim pengawasan orang asing (Timpora).

Kepala Kantor Imigrasi Kelas I TPI Semarang, Guntur Sahat Hamonangan mengatakan, kegiatan rakor dan sosialisasi Si Semar Sempoa diikuti beberapa stakeholder yang memiliki kewenangan dan bersinggungan dengan orang asing.

Seperti, TNI, Polri, Kesbangpol, Dinas Perindustrian dan Tenaga Kerja (Disperinaker) Kendal, Kementerian Agama, dan beberapa instansi lainnya. 

Kata dia, rapat tim pora sebagai bentuk sinergitas dari Kantor Imigrasi Kelas I TPI Semarang dalam melaksanakan tugas dan fungsinya untuk menegakkan kedaulatan negara.

"Sinergitas yang dibangun dengan stakeholder dalam rangka pengawasan orang asing di wilayah Kendal. Harapannya terus dikembangkan sehingga seluruh instansi dapat melaksanakan fungsinya secara optimal," terangnya.

Selain itu, Guntur menjelaskan, Kantor Imigrasi Kelas I TPI Semarang terus melakukan suatu inovasi untuk mempermudah pengawasan orang asing

Kata dia, Si Semar Sempoa satu solusi untuk mempermudah sistem pelaporan.

Aplikasi tersebut bakal terintegrasi dengan aplikasi Si Semar Layak sebagai aplikasi khas dari Kantor Imigrasi Semarang yang bisa diakses oleh masyarakat umum. 

"Dengan adanya sistem pelaporan yang terbarukan tentang orang asing, harapannya bisa memudahkan dalam pengawasan orang asing yang ada di wilayah kerja Kantor Imigrasi Semarang, termasuk Kendal. Dengan maksud bisa berimplikasi pada tegaknya kedaulatan negara," harap dia. (*)

Sumber: Tribun Pantura
  • Ikuti kami di

    AA
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2023 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved