Berita Slawi

Manjakan Pengunjung, Pengelola DTW Guci Tegal Gratiskan Pemandian Air Panas Pancuran 5

DTW Guci sekarang ini terus berkembang menghadirkan destinasi baru dan terus memanjakan pengunjung setianya.

TribunPantura.com/Desta Leila Kartika
Suasana di pemandian air panas Pancuran 5 DTW Guci Kabupaten Tegal, belum lama ini. 

TRIBUNPANTURA.COM, SLAWI - Salah satu wisata unggulan yang juga bisa disebut sebagai ikon wisata Kabupaten Tegal, DTW Guci sekarang ini terus berkembang menghadirkan destinasi baru dan terus memanjakan pengunjung setianya.

Adapun salah satu fasilitas yang sudah dipersiapkan oleh Dinas Pemuda, Olahraga, dan Pariwisata (Disporapar) Kabupaten Tegal untuk semua pengunjung DTW Guci yaitu menikmati pemandian air panas gratis di Pancuran 5 atau dikenal juga dengan nama pemandian pandan sari. 

Kepala UPTD Pengelolaan Objek Wisata Kabupaten Tegal, Ahmad Abdul Hasib, mengungkapkan kenapa tidak berbayar karena sebagai bentuk fasilitas tambahan dari pemerintah daerah kepada wisatawan agar bisa menikmati suasana atau sensasi air panas alami di kawasan wisata Guci tepatnya pancuran 5. 

"Kami imbau kepada seluruh pengunjung, wisatawan, yang minat ingin menikmati fasilitas mandi air panas gratis di DTW Guci bisa langsung ke Pancuran 5 atau Pandan Sari."

"Lokasinya sendiri tepat berada di belakang kolam renang barokah atau di sebelah pemandian air panas tertutup," ungkap Hasib, Kamis (16/6/2022). 

Dijelaskan, pemandian air panas Pancuran 5 meskipun sekarang ini gratis bagi pengunjung, tapi kondisinya memang benar-benar masih alami, menyehatkan, menyegarkan, dan bisa dimanfaatkan untuk segala usia.

Tempatnya juga bersih, aman, nyaman, ada tempat ganti, toilet, kamar bilas, dan air panasnya benar-benar alami tidak kalah dengan kolam renang atau pemandian air panas lainnya yang ada di Guci.

Bahkan Hasib menyebut, bahwa pancuran 5 ini merupakan salah satu dari enam sumber mata air panas yang ada di wisata Guci. 

"Di pancuran 5 ini ada dua kolam dan semuanya tidak terlalu dalam. Karena fokus kami, pemandian ini bisa dinikmati untuk berendam bukan berenang."

"Sehingga anak kecil pun bisa menikmati mandi disitu, tidak hanya orang dewasa saja. Tapi tetap kami imbau pengunjung untuk hati-hati, perhatikan barang bawaan, terutama menjaga anak-anak dan lansia 60 tahun keatas," jelasnya.

Hasib menambahkan, jika ada pengunjung yang masih bingung atau belum mengetahui lokasi pancuran 5 ini, jangan sungkan untuk bertanya ke petugas yang tersebar di beberapa posko.

Pertama ada di pos retribusi atau pintu masuk utama.

Nantinya akan ada pemandu yang bersedia mengantar ke lokasi pancuran 5.

Kemudian ada di pertigaan Guci kencana juga terdapat posko petugas.

Ada juga di pasar induk Guci, Pertigaan kali awu, di kantor UPTD Guci, dan lain-lain semuanya menyiapkan sumber informasi yang bisa mengantar pengunjung ke pancuran 5.

"Selain untuk fasilitas tambahan, tujuan kami juga ingin memberikan kesempatan kepada pengunjung yang mungkin dana atau uang nya terbatas supaya bisa menikmati sensasi mandi air panas gratis, tidak berbayar di Pancuran 5 Guci."

"Sekali lagi saya sampaikan, monggo siapa saja yang ingin mandi air panas gratis bisa langsung datang ke pancuran 5," pungkasnya. (*)

Sumber: Tribun Pantura
  • Ikuti kami di

    AA
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    berita POPULER

    © 2023 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved