Berita Nasional

Disebut-sebut Berpotensi Gantikan Tjahjo Kumolo Jadi Menpan RB, Ini Komentar Ganjar Pranowo

Gubernur Jawa Tengah, Ganjar Pranowo tak ingin menanggapi serius isu dirinya yang dinilai berpotensi terpilih sebagai Menpan RB.

Penulis: hermawan Endra | Editor: m zaenal arifin
Dokumentasi
Ganjar saat menghadiri acara Musyawarah Provinsi Ikatan Nasional Konsultan Indonesia (INKINDO) Jawa Tengah di Hotel Gumaya, Selasa (31/5/2022). 

TRIBUNPANTURA.COM, SEMARANG - Gubernur Jawa Tengah, Ganjar Pranowo nampaknya tak ingin menanggapi serius isu dirinya yang dinilai berpotensi terpilis sebagai Menteri Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (Menpan RB).

Ketika dimintai komentar terkait hal tersebut, Ganjar hanya memberikan jawaban singkat.

"Saya bereskan tugas di Jateng, " katanya melalui WhatsApp, Senin (4/7/2022).

Sebelumnya, pengamat sosial politik Herry Mendrofa yang juga menjabat sebagai Direktur Eksekutif Centre for Indonesia Strategic Actions (CISA) menganalisa Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo dan Komisaris Pertamina Basuki Tjahaja Purnama alias Ahok dinilai berpotensi terpilis sebagai Menpan RB.

Herry berpendapat, sosok yang bakal menggantikan Tjahjo Kumolo sebagai MenPAN RB berasal dari kader Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan (PDIP).

“Tentunya pasti pengganti Menpan RB almarhum Tjahjo Kumolo akan berasal dari kader PDIP ya, itu sudah pasti,” kata Herry Mendrofa seperti dikutip dari Kompas TV.

Setidaknya ada empat kader PDI Perjuangan yang dinilai akan menempati posisi Menpan RB, yakni Wakil Ketua MPR RI Ahmad Basarah, Menteri Sosial (Mensos) Tri Rismaharini, Basuki Tjahaja Purnama atau Ahok dan Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo.

Sosok Ganjar Pranowo, yang menurut Herry memiliki pengalaman tidak jauh berbeda dengan Ahok.Gubernur Jawa Tengah ini dianggap punya kapasitas menjadi Menpan RB.

Selain menjadi kepala daerah, Ganjar juga pernah menjadi anggota legislatif, yakni Anggota Komisi II DPR RI yang membidangi pemerintahan.

Selain itu, Herry menilai dengan ditunjuknya Ganjar menjadi Menpan RB akan menjadi win-win solution dari problematika dan dinamika yang terjadi di internal PDIP.

“Karena selama ini kan stigma di dalam ini kan seolah-olah Ganja dipinggirkan, seolah-olah Ganjar dispelekan,” kata Herry.

“Jadi saya kira ini menjadi win-win solution juga disamping faktor pengalaman, tapi secara psikologis politik tentunya pilihan yang rasional juga bisa jatuh pada seorang Ganjar," jelasnya.

Untuk diketahui, saat ini, posisi MenPAN RB dijabat oleh Menteri Koordinator Bidang Politik, Hukum, dan Keamanan (Menko Polhukam) Mahfud MD.

Mahfud MD ditunjuk oleh Presiden Joko Widodo atau Jokowi sebagai Menpan RB ad interim setelah Tjahjo Kumolo meninggal dunia pada Jumat (1/7/2022) lalu. (*)

Sumber: Tribun Pantura
  • Ikuti kami di

    AA
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved