Berita Batang

Wali Murid TK Negeri Pembina Gringsing Batang Diberi Edukasi Pencegahan Stunting

Angka stunting di Kabupaten Batang, Jawa Tengah cukup tinggi. Untuk itu, Kemendikbud bersama sekolah-sekolah gencar mengedukasi stunting

Penulis: dina indriani | Editor: muh radlis
TRIBUN PANTURA/Dina Indriani
TK Negeri Pembina Gringsing, melalui kelas orang tua memberikan edukasi stunting bekerja sama dengan Puskesmas Gringsing 1, Wali Murid diedukasi terkait stunting pada anak dan pemberian makanan tambahan anak sekolah (PMTAS), Selasa (9/8/2022). 

TRIBUNPANTURA.COM, BATANG - Angka stunting di Kabupaten Batang, Jawa Tengah cukup tinggi.

Untuk itu, Kemendikbud bersama sekolah-sekolah gencar mengedukasi stunting ke masyarakat. 

Salah satunya yang dilakukan TK Negeri Pembina Gringsing, melalui kelas orang tua memberikan edukasi stunting bekerja sama dengan Puskesmas Gringsing 1, Wali Murid diedukasi terkait stunting pada anak dan pemberian makanan tambahan anak sekolah (PMTAS).


"Stunting bisa dicegah dan diminimalisir, sehingga kami berikan edukasi ke wali murid, agar mereka lebih paham apa itu stunting dan pencegahannya.


Kami juga berikan pretest dan post test dari hasil tersebut banyak yang belum tahu jadi semakin tau soal stunting dan kami harap pengetahuan ini bisa diaplikasikan dalam keseharian wali murid untuk mendukung penurunan stunting," tutur Kepala TK Negeri Pembina Gringsing, Dina Mufidah usai kegiatan kepada Tribunjateng.com, Selasa (9/8/2022).


Tak hanya sekedar workshop kelas orang tua, untuk mendukung penurunan stunting, TK Negeri Pembina Gringsing juga rutin memberikan program PMTAS, 


Yang mana program ini diberikan dua kali dalam sebulan. 


"Kami ada juga anggarkan pemberian makanan tambahan untuk anak, kami buat agar bisa dua kali PMTAS secara rutin, dengan tetap sesuai gizi yang anak butuhkan," imbuh perempuan yang juga Ketua IGTKI Kecamatan Gringsing ini.


Pemateri Kegiatan dari Puskesmas Gringsing 1, Sri Lestari dan Noviyanti, berharap wali murid bisa ikut memerangi stunting.


Karena penurunan stunting bisa sukses dengan kerja sama seluruh pihak baik dari pemerintah, maupun masyarakat. 


Ia juga berharap orang tua murid tidak membekali anak mereka dengan makanan instan, seperti mie dan aneka makana Frozen.


Pihaknya menyarankan orang tua memanfaatkan teknologi untuk mendapatkan tips kreatif olah bekal anak dari internet. 


"Kami berharap orang tua bisa memanfaatkan internet untuk kegiatan positif, salah satunya untuk kreasi bekal anak sehingga anak tidak mendapatkan makanan tambahan yang instan, yang mengandung pengawet dan MSG," pungkasnya.

Sumber: Tribun Pantura
  • Ikuti kami di
    AA
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved