Berita Batang

Nyadran Larung Sesaji Kembali Digelar, PJ Bupati Batang: Tradisi Ini Harus Dilestarikan

Tradisi nyadran larung sesaji kepala kerbau tahun ini kembali digelar di Tempat Pelelangan Ikan (TPI) Klidang Lor, Kabupaten Batang.

Penulis: dina indriani | Editor: m zaenal arifin
TribunPantura.com/Dina Indriani
Nelayan Batang melarung sesaji ke tengah laut, Senin (15/8/2022) 

TRIBUNPANTURA.COM, BATANG - Sempat vakum lantaran pandemi Covid-19, tradisi nyadran larung sesaji kepala kerbau tahun ini kembali digelar di Tempat Pelelangan Ikan (TPI) Klidang Lor, Kabupaten Batang, Senin (15/8/2022).

Prosesi larung sesaji ke tengah laut pun dilepas oleh Penjabat Bupati Batang Lani Dwi Rejeki didampingi Dandim 0736 Batang, Letkol Inf Ahmad Alam Budiman.

Pj Bupati Batang Lani Dwi Rejeki mengatakan nyadran laring sesaji merupakan tradisi tahunan yang harus dilestarikan.

"Kalau tidak dilestarikan akan punah dan sejarah akan hilang, tadi saya menyaksikan menaruh sesaji dimana memiliki arti rasa syukur dari para nelayan atas hasil tangkapan ikan selama ini," tuturnya.

Lani berharap kegiatan ini bisa digelar kembali tahun depan untuk mempertahankan tradisi yang ada, juga diharapkan bisa berdampak pada kesejahteraan nelayan.

"Kegiatan ini menjadi harapan dan doa bagi kita semua agar hasil di tahun- tahun ke depan semakin meningkat yang berdamoak pada kesejahteraan masyarakat nelayan Batang," imbuhnya.

Sementara itu, Ketua Dewan Pimpinan Cabang Himpunan Nelayan Seluruh Indonesia (DPC HNSI) Kabupaten Batang, Teguh Tarmujo mengungkapkan rasa syukurnya setelah dua tahun vakum karena pandemi Covid -19. 

Menurutnya, larung sesaji kepala Kerbau hanya sebagai simbol untuk melestarikan budaya yang sudah diwariskan oleh para leluhur. 

"Kita sangat bersyukur kegiatan tradisi turun temurun bisa dilasanakan, perayaan nyadran di Batang digelar di empat tempat yakni di Pantai Celong, Roban Barat, Roban Timur dan di TPI Klidang Lor  Batang kota," pungkasnya. (*)

Sumber: Tribun Pantura
  • Ikuti kami di
    AA
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved