Berita Brebes

Video Tim Pengawasan Orang Asing Kantor Imigrasi Pemalang Sidak ke Beberapa Perusahaan

Tim Pora Kantor Imigrasi Kelas I Non TPI Pemalang sidak ke beberapa perusahaan.

Penulis: Desta Leila Kartika | Editor: restu dwi r

TRIBUN-PANTURA.COM, BREBES - Berikut video Tim Pengawasan Orang Asing Kantor Imigrasi Pemalang Sidak ke Beberapa Perusahaan.

Tim Pengawasan Orang Asing (Pora) Kantor Imigrasi Kelas I Non TPI Pemalang, melakukan sidak ke beberapa perusahaan di wilayah Kabupaten Brebes, Kamis (8/9/2022).

Kegiatan diawali rapat koordinasi (rakor) tim Pora antar instansi pada Rabu (7/9/2022) kemarin di Hotel Grand Dian Brebes, kemudian dilanjutkan sidak atau pengecekan langsung ke beberapa perusahaan pada keesokan harinya.

Adapun untuk anggota tim Pora, terdiri dari komunitas intel daerah dan unsur forkopimda.

Kepala Seksi Intelijen dan Penindakan Keimigrasian Kantor Imigrasi Kelas I Non TPI Pemalang, Washono, mengungkapkan pada pelaksanaan sidak kali ini anggota tim Pora yang ikut berpartisipasi yaitu Dinas Ketenagakerjaan, Polres Brebes, Kejari Brebes, dan Kesbangpol.

Sementara sasaran utama sidak kali ini adalah kelengkapan dokumen tenaga kerja asing (TKA) yang bekerja di perusahaan yang dikunjungi oleh tim Pora.

"Kalau dari sisi keimigrasian tidak ada temuan. Tapi tadi dari Disnaker sekaligus memberikan sosialisasi terkait retribusi TKA yang harus diberikan setiap tahunnya," ungkap Washono, pada Tribunjateng.com, Kamis (8/9/2022).

Sementara untuk perusahaan yang menjadi tujuan pelaksanaan sidak atau pengecekan langsung ada lima, yaitu diawali ke PT Ilsung Utama, kemudian lanjut ke PT Yeon Heung Mega Sari, lanjut ke PT Tah Sung Hung, kemudian ke PT Daehan, terakhir PT Sumber Masanda Jaya. Semuanya berada di wilayah Kabupaten Brebes.

Mayoritas perusahaan berasal dari Taiwan dan Korea Selatan. 

"Jumlah warga negara asing (WNA) di Kabupaten Brebes ada 139 orang. Dari jumlah tersebut yang menjadi TKA sebanyak 105 orang, rata-rata bekerja sebagai tenaga ahli seperti top manager dan general manajer. Sementara jumlah perusahaan asing di Brebes sebanyak 12 perusahaan," terangnya.

Sementara untuk persyaratan ijin tinggal keimigrasian, menurut Washono berdasarkan rekomendasi dari Dinas Ketenagakerjaan.

Adapun operasi gabungan yang dilakukan oleh Kantor Imigrasi Kelas I Non TPI Pemalang membawahi tujuh wilayah kerja, yakni dari Kabupaten Brebes sampai Batang.

Kegiatan operasi gabungan ini rutin diselenggarakan setiap setahun sekali.

"Dari sisi keimigrasian yang kami periksa yaitu identitas TKA yang bersangkutan dan ijin tinggalnya apakah masih berlaku atau tidak. Semenata dari sisi kepolisian dan kejaksaan, lebih ke apakah ada pelanggaran atau pidana kriminal umum atau tidak," tutup Washono. (dta)

Sumber: Tribun Pantura
  • Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved