Berita Jateng

Dialog Opini Publik, Perlunya Satu Suara Informasi untuk Masyarakat di Jateng

Diskominfo Kabupaten Batang mengikuti dialog opini publik untuk implementasi kebijakan program monitoring dan aspirasi publik melalui analisis media.

Penulis: dina indriani | Editor: m zaenal arifin
Dokumentasi
Diskominfo Kabupaten Batang mengikuti dialog opini publik untuk implementasi kebijakan program monitoring dan aspirasi publik melalui analisis media yang diselenggarakan oleh Kominfo Jawa Tengah di Resto Garden Purwokerto, Selasa (13/9/2022). 

TRIBUNPANTURA.COM, BATANG - Dinas Komunikasi dan Informatika (Diskominfo) Kabupaten Batang mengikuti dialog opini publik untuk implementasi kebijakan program monitoring dan aspirasi publik melalui analisis media yang diselenggarakan oleh Diskominfo Jawa Tengah di Resto Garden Purwokerto, Selasa (13/9/2022).

Kepala Diskominfo Jateng Riena Retnaningrum mengatakan analisis media digunakan untuk menunjang aspirasi publik dalam program pemerintah kepada masyarakat lewat berbagai kanal media.

“Komunikasi pemerintah ini harus satu suara agar masyarakat dapat memenuhi informasi yang disampaikan, maka dari itu, monitoring perlu supaya adanya evaluasi melalui opini publik,” jelasnya, dalam rilis.

Lebih lanjut, tujuannya agar mudah merespon dan menganalisa informasi dari masyarakat terhadap opini publik yang ada di media.

“Karena setiap orang berhak untuk berkomunikasi dan memperoleh informasi untuk mengembangkan pribadi dengan menggunakan segala kanal media saat ini,” tegasnya.

Sementara itu, Direktur Tata Kelola dan Kemitraan Komunikasi Publik Kementerian Kominfo Hasyim Gautama menyampaikan dialog opini publik ini untuk setiap daerah supaya mengerti penyebaran informasi yang krisis atau negatif agar tahu bagaimana cara menanganinya.

“Hal negatif itu kadang perlu agar ada evaluasi penanganan yang perlu kita tindaki tinggal dampaknya seperti apa di masyarakat,” terangnya.

Monitoring yang dilakukan di daerah dengan cara membuat laporan harian dan menganalisis memakai analitic tools.

Ia berharap, pada tahun ke depan semua itu akan difasilitasi oleh kementerian kominfo dan digratiskan. (*)

Sumber: Tribun Pantura
  • Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved