Berita Batang

Pj Bupati Batang Lani Minta OPD Komitmen Kirim Penyusunan LPPD Tepat Waktu

Semua OPD di Kabupaten Batang bersepakat untuk wujudkan komitmen dalam peningkatan kualitas LPPD Kabupaten Batang tahun 2023.

Penulis: dina indriani | Editor: m zaenal arifin
Dokumentasi
Pj Bupati Batang Lani saat rapat koordinasi komitmen bersama Kepala OPD persiapan penyusunan LPPD tahun 2023 di Aula Bupati, Kabupaten Batang, Senin (9/1/2023). 

TRIBUNPANTURA.COM, BATANG - Semua Organisasi Perangkat Daerah (OPD) di Kabupaten Batang bersepakat untuk wujudkan komitmen dalam peningkatan kualitas LPPD Kabupaten Batang tahun 2023.

Hal itu disampaikan Pj Bupati Batang Lani saat rapat koordinasi komitmen bersama Kepala OPD persiapan penyusunan LPPD tahun 2023 di Aula Bupati, Kabupaten Batang, Senin (9/1/2023).

“Sesuai dalam UU Nomor 23 Tahun 2014 tentang pemerintahan daerah, diamanatkan bahwa Bupati berkewajiban untuk menyampaikan LPPD Kabupaten kepada Menteri melalui Gubernur sebagai wakil Pemerintah Pusat yang dilakukan satu kali dalam setahun,” tutur Lani.

Sehubungan hal tersebut, upaya meningkatkan kualitas penyusunan LPPD di Kabupaten Batang, perlu dilakukan adanya peningkatan kapasitas SDM melalui sosialisasi pengetahuan maupun wawasan tentang penyusunan LPPD.

“Melihat data tahun 2020 LPPD Kabupaten Batang masuk peringkat 10 bawah di Jawa Tengah, artinya penilaian Pemerintah Pusat terhadap kinerja kita masih sangat kurang memuaskan,” terangnya.

Lebih lanjut, dikatakan Lani, memang pada tahun 2021 belum keluar untuk peringkatnya.

Namun, tetap berupaya yang disusun ini benar-benar menggambarkan mencerminkan apa yang sudah dilakukan setahun yang lalu tentunya disertai dengan dokumen dan data-data yang mendukung kinerja yang kita laporkan.

“Kendalanya pada tahun kemarin itu dari segi waktu pengiriman data OPD ke Bagian Pemerintahan tidak tepat waktu, sehingga mengolah datanya ini mengalami keterlambatan,” ungkapnya.
 
Meskipun, ada tim pihak ketiga konsultan yang bekerjasama dengan Undip, namun tetap saja butuh kecepatan data dan dokumen untuk segera diolah.

Ia juga menyampaikan, meskipun OPD sudah mengirimkan data, belum tentu data itu sesuai dengan aturan ataupun ketentuan yang ada.

Makanya, perlu mengolah, menganalisis dan sebagainya.

"Diharapkan, adanya komitmen bersama ini para OPD melakukan penyusunan LPPD tepat waktu dan pengirimannya jangan sampai mendekati pengiriman LPPD ke pusat," pungkasnya. (*)

Sumber: Tribun Pantura
  • Ikuti kami di

    AA
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2023 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved