Breaking News:

Berita Kendal

Pekan Pertama Ramadan, Harga Daging Ayam di Kendal Naik Rp 10.000 per Kilogram

Pada pekan pertama Ramadhan, sejumlah bahan pokok di pasar tradisional Kendal mengalami kenaikan.

TRIBUN JATENG/SAIFUL MA'SUM
Pedagang ayam potong di Pasar Kota Kendal melayani pembeli, Rabu (14/4/2021). 

Penulis: Saiful Ma'sum

TRIBUNPANTURA.COM, KENDAL - Pada pekan pertama Ramadhan, sejumlah bahan pokok di pasar tradisional Kendal mengalami kenaikan.

Lonjakan harga yang paling terasa terjadi pada komoditi daging ayam mencapai Rp 10.000 per kilogramnya.

Seorang pedagang ayam potong di Pasar Kota Kendal, Kuwat mengatakan, harga daging ayam sayur saat ini mencapai Rp 40.000 - Rp 42.000 per kilogram. Padahal, normalnya berkisar Rp 30.000 - 32.000 perkilogramnya. 

Sementara daging ayam merah dibandrol Rp 50.000 dari harga sebelumnya Rp 40.000 per kilogram. "Memang pada naik, kalau daging ayam kampung malah sekarang Rp 80.000, sebelumnya hanya Rp 65.000 perkilogramnya," terangnya, Rabu (14/4/2021).

Kata Kuwat, kenaikan harga ayam di wilayah Kendal sudah terjadi dalam sepekan terakhir. Ia menduga kenaikan ini dipicu akibat kebutuhan konsumsi ayam di tingkat masyarakat meningkat seiring meningkatnya kebutuhan pada awal Ramadhan. 

Sementara stok barang hingga kini masih melimpah di sejumlah pasar tradisional Kendal.

Kenaikan harga daging ayam potong diikuti naiknya harga telur ayam. Seorang pedagang, Jannah mengatakan, naiknya harga telur ayam dari Rp 22.000 menjadi Rp 26.000 bersamaan dengan naiknya harga daging ayam.

Ia berharap, kenaikan harga sejumlah komoditi bahan pokok ini segera kembali stabil di harga yang normal. Mengingat perekonomian masyarakat belum kembali seperti sediakala setelah terdampak pandemi Covid-19.

"Naiknya baru semingguan ini, karena kebutuhan di tingkat masyarakat meningkat, seperti contoh pembuatan kue dan lain-lain. Kalau komoditi lain seperti bawang gitu naiknya sedikit enggak terasa," ujarnya.

Halaman
12
Penulis: Saiful Masum
Editor: muh radlis
Sumber: Tribun Jateng
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved