Breaking News:

Berita Jateng

Terkait Masalah Galian C, Gubernur Ganjar : Tobat Tobat

Perubahan iklim atau climate change terus terjadi. Di sisi lain, pertumbuhan industri yang semakin masif mengakibatkan sejumlah bencana alam terjadi,

Penulis: mamdukh adi priyanto | Editor: muh radlis
IST
Gubernur Jateng Ganjar Pranowo 

Penulis: Mamdukh Adi Priyanto

TRIBUNPANTURA.COM, SEMARANG - Perubahan iklim atau climate change terus terjadi. Di sisi lain, pertumbuhan industri yang semakin masif mengakibatkan sejumlah bencana alam terjadi, misalnya banjir rob.

Selain itu, pembangunan yang terus digencarkan berimplikasi pada sumber daya alam yang dimiliki, terutama terkait bahan Galian C.

Oleh karena itu, semua pihak dituntut arif dalam mengelola sumber daya alam. Hal itu diungkapkan Gubernur Jawa Tengah, Ganjar Pranowo saat peringatan Hari Bumi secara virtual.

"Bersyukur di Jateng diberikan banyak kekayaan. Lalu kita diuji untuk mengelolanya dengan pengetahuan, teknologi dan kearifan untuk menata. Mengambil sumber daya alam memang paling enak, tinggal ngambil dan relatif gratis," kata Ganjar, Kamis (22/4/2021).

Dengan adanya pembangunan, tentunya ada konskuensi yang ditanggung. Misalnya untuk bahan material urukan atau Galian C.

"Berapa (tanah) urukan yang dipakai, berapa bukit yang harus dipotong, Galian C dimana-mana ada. Di sini yang saya tekankan Galian C," ucapnya.

Lalu ia menyebut Galian C yang ada di lereng Gunung Merapi di Magelang dan Klaten. Dimana, tidak hanya merusak sumber daya alam di lokasi galian, tetapi juga merusak infrastruktur akses mobilitas transportasi pengangkut bahan galian.

"Di sekitar Merapi itu lumayan. Lumayan dedel duwel (rusak parah). Di Klaten jalannya dedel duwel. Masyarakat protes karena angkutan overload bikin jalan bodol (rusak). Karena itu kearifan dan moralitas mesti ikut tanggung jawab," ucap gubernur.

Ganjar juga menyebut masih banyaknya oknum yang memberi maupun menerima suap terkait izin penambangan Galian C.

Halaman
123
Sumber: Tribun Jateng
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

Tribun JualBeli
© 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved