Breaking News:

Berita Kendal

Tahun Ajaran Baru, Disdikbud Kendal Targetkan Minimal 50 Persen Sekolah Gelar PTM

Tahun Ajaran Baru, Disdikbud Kendal Targetkan Minimal 50 Persen Sekolah Gelar PTM. guru dan tenaga pendidik divaksinasi

Penulis: Saiful Masum | Editor: yayan isro roziki
IST
Penerapan simulasi PTM di SMPN 2 Kendal untuk kelas 7, Kamis (27/5/2021). 

Penulis: Saiful Masum

TRIBUNPANTURA.COM, KENDAL - Sebanyak 1.649 guru dan tenaga kependidikan Kabupaten Kendal menjalani vaksinasi Covid-19. Mereka tersebar di 35 SMP dan 55 SD baik negeri maupun swasta.

Vaksinasi dosis pertama dimulai sejak pekan kemarin hingga pemberian dosis kedua nanti dipersiapkan untuk pembelajaran tatap muka (PTM) tahap ke-4.

Kepala Disdikbud Kendal, Wahyu Yusuf Akhmadi mengatakan, saat ini angka vaksinasi guru dan tenaga kependidikan masih cukup rendah berkisar 20 persen dari total keseluruhan 10.800 orang. 

Pihaknya memerlukan percepatan vaksinasi bagi tenaga pendidik dan kependidikan sebagai pra syarat sekolah bisa melakukan PTM.

"Total SMP di Kendal ada 108, kalau SD ada 575. Masing-masing baru 6 SMP dan 6 SD yang sudah melakukan PTM."

"Selanjutnya diharapkan ada penambahan menjadi 41 SMP dan 61 SD yang akan melakukan PTM tahap ke-4 bagi guru dan tenaga kependidikan yang sudah mendapatkan 2 dosis vaksin," terangnya, Senin (31/5/2021).

Wahyu berharap, pada pembukaan tahun ajaran baru 2021/2022 pertengahan Juli mendatang, jumlah sekolah yang bisa mengikuti PTM mencapai 50 persen. Dengan tujuan, agar lebih maksimal dalam mengenalkan dunia pendidikan secara langsung setelah terdampak pandemi Covid-19.

Tentunya, harus sesuai dengan mekanisme protokol kesehatan yang sudah ditentukan. Mulai dari pembatasan kapasitas ruangan maksimal 30 persen, pembatasan jam belajar dan mekanisme transportasi siswa.

"Kita harapkan menuju tahun ajaran baru nanti paling tidak 50% dari total sekolah bisa melakukan PTM."

"Untuk sisa waktu ini kita harapkan ada percepatan vaksinasi buat guru dan tenaga kependidikan."

"Nanti kita coba kenalkan siswa yang gurunya sudah divaksin untuk mengenal mekansime penerapan protokol kesehatan di sekolah, untuk bekal mulainya tahun ajaran baru," ujarnya.

Seberapa banyaknya sekolah di Kendal yang nantinya bisa melakukan PTM pada awal tahun ajaran baru nanti bergantung kesiapan sekolah, kondisi darurat Covid-19 daerah, dan vaksinasi.

Halaman
12
Sumber: Tribun Pantura
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved