Breaking News:

Penanganan Corona

Jika Terus Begini, Indonesia Jadi Negara Terakhir yang Keluar dari Pandemi, Ini Kata Epidemiolog

Jika Terus Begini, Indonesia Jadi Negara Terakhir yang Keluar dari Pandemi, Ini Kata Pakar: Epidemiolog dan Pengamat Kebijakan Publik

Editor: yayan isro roziki
Kompas.com/Garry Lotulung
Petugas penggali kubur tengah mengangkat peti mati pasien virus corona di TPU Tegal Alur, Jakarta, beberapa waktu lalu. 

TRIBUNPANTURA.COM - Sejumlah negara telah mulai keluar dan bisa mengatasi krisis Covid-19. Namun, pandemi Covid-19 di Indonesia masih sedang ganas-ganasnya.

Epidemiolog menyebut, jika kondisi dan kebijakan penanganan krisis terus seperti ini, maka Indonesia akan menjadi negara terakhir yang keluar dari pandemi Covid-19.

Hal ini disampaikan epidemilog dari Griffith University Australia, Dicky Budiman.

Ia menilai seluruh kebijakan pandemi Indonesia banyak dipengaruhi oleh kompromi politik dan ekonomi ketimbang kesehatan.

Indonesia diprediksi akan menjadi negara terakhir di dunia yang keluar dari krisis pandemi Covid-19 jika tidak ada kebijakan strategis yang luar biasa pada pemulihan kesehatan.

Pasalnya hampir satu setengah tahun pandemi berjalan, kebijakan yang diambil pemerintah lebih dipengaruhi oleh kompromi politik dan ekonomi ketimbang kesehatan.

Kondisi seperti ini, kata pengamat kebijakan publik dari Universitas Indonesia (UI) Zuliansyah, dikhawatirkan akan menggerus kepercayaan publik kepada pemerintah dan bisa memicu aksi protes.

Tapi pemerintah menampik anggapan itu dan menjanjikan penambahan anggaran APBN untuk kesehatan pada tahun depan.

Sepanjang pandemi Covid-19 yang sudah berlangsung hampir satu setengah tahun ini, pemerintah Indonesia setidaknya telah menelurkan lima kebijakan.

Mulai dari Pembatasan Sosial Berskala Besar (PSBB) pada Maret 2020, kemudian Pelaksanaan Pembatasan Kegiatan Masyarakat (PPKM) mulai Januari 2021.

Halaman
1234
Sumber: Kompas.com
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved