Breaking News:

Berita Nasional

Diskusi di STAN, Denni Nilai Ekosistem Prakerja sebagai 'Rumah Cokro Raksasa' pada Era Digital

Bicara Ihwal Prakerja di STAN, Denni Singgung, Ada Apa? Prakerja sebagai 'Rumah Cokro Raksasa' pada Era Digital.

manajemen pelaksana kartu prakerja
Direktur Eksekutif Manajemen Pelaksana Program Kartu Prakerja, Denni Puspa Purbasari. 

TRIBUNPANTURA.COM - Bapak Bangsa sekaligus proklamator Indonesia, Soekarno, dikenal memiliki segudang pengetahuan dan keterampilan.

Selain karena pendidikan formal, bekal multiskill didapat Bung Karno berkat pergaulannya dengan berbagai tokoh besar yang rela saling berbagi wawasan dan keahlian.

Rumah Cokro milik petinggi Sarekat Islam Hadji Oemar Said Tjokroaminoto menjadi saksi sejarah saat Bung Karno belajar dari sejumlah tokoh nasional lain ketika mereka mengenyam pendidikan di Surabaya.

Di situlah, Soekarno muda bertemu dan berbagi ide dengan figur penting Tanah Air.

Program Kartu Prakerja dengan keseluruhan ekosistem yang ada di dalamnya dapat dimaknai sebagai ‘Rumah Cokro Raksasa’ di era digitalisasi.

Pandangan ini disampaikan Direktur Eksekutif Manajemen Pelaksana Program Kartu Prakerja Denni Puspa Purbasari.

Menurut dia, ekosistem Kartu Prakerja saat ini meliputi 7 platform digital, 183 lembaga pelatihan dengan 780 pelatihan aktif, 5 mitra pembayaran, 3 job portal, dan 7 institusi pendidikan menjadi semacam rumah belajar bersama yang menjangkau lebih dari 10,6 juta angkatan kerja di 514 kabupaten dan kota seluruh Indonesia.

Dituturkan, Politeknik Keuangan Negara Sekolah Tinggi Akuntansi Negara (STAN), bisa mengambil hikmah dari kisah masa muda Bung Karno yang menjadikan dirinya sebagai ‘Rumah Cokro’ dalam konteks kawah candradimuka pendidikan calon bikrokrat pemikir di bidang ekonomi.

Apalagi dengan sistem boarding yang diterapkan sejak Tahun Ajaran 2021/2022, mahasiswa tinggal di asrama sehingga bisa digembleng siang malam layaknya Soekarno indekost di Rumah Cokro.

Hal itu disampaikan Denni Puspa Purbasari saat menjadi narasumber ‘Weekly Talk’, acara diskusi para dosen PKN STAN bertopik ‘Mempersiapkan Keterampilan Baru untuk Pekerjaan di Masa Depan’, akhir pekan kemarin.

Halaman
123
Sumber: Tribun Pantura
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

berita POPULER

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved